Darah Tinggi Tak Seseram Itu! Minum Obat Hypertensi dan Rajin Kontrol ke Dokter Pasti Lebih Baik

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 08 Maret 2024, 17:36 WIB
Darah tinggi! Kata yang dikhawatirkan banyak orang, karena sebagian besar tidak mengalami gejala. Hanya 10% penderita darah tinggi yang mengalangami gejala (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Gue Sehat)

Darah tinggi! Kata yang dikhawatirkan banyak orang, karena sebagian besar tidak mengalami gejala. Hanya 10% penderita darah tinggi yang mengalangami gejala (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Gue Sehat)

LABVIRAL.COM - Darah tinggi! Kata yang dikhawatirkan banyak orang, karena sebagian besar tidak mengalami gejala. Hanya 10% penderita darah tinggi yang mengalangami gejala-gejala darah tinggi.

Apalagi, gejala darah tinggi juga tidak khas. Gejala-gejala seperti rasa pegal di tengkuk belakang, sakit kepala, dada berdebar kadang bisa muncul, tapi diartikan kurang tidur atau telat makan.

Maka, penting sekali untuk kamu, terutama untuk yang usianya sudah 45 tahun ke atas untuk memeriksakan tekanan darah secara rutin setidaknya satu kali dalam satu tahun.

Baca Juga: Begini Cara Memotong Kuku Kucing dengan Menggunakan Gunting Kuku Manusia, Ternyata Gampang Banget!

Karena hipertensi jarang sekali memberikan gejala yang signifikan, biasanya akan sangat berbahaya apabila ada pasien yang menderita hipertensi yang tidak disadari. Karena jika tidak mengonsumsi obat dalam jangka panjang, bisa timbul komplikasi-komplikasi mengerikan seperti stroke, pecah pembuluh darah otak, atau bisa terjadi kerusakan pembuluh darah jantung.

dr. Richard Suwandi, Sp.PD, yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit EMC Pekayon, menjelaskan melalui chanel Youtube Dokter 24, bahwa dalam jangka panjang jika tidak disadari, akan terjadi pembengkakan jantung karena tensi yang tinggi ini menyebabkan jantung pasien bekerja ekstra lebih berat.

“Lama-lama, otot jantungnya akan membengkak. Kalau sudah sampai ke komplikasi-komplikasi akhir ini, memang biasa pengobatannya lebih mahal, lebih susah dan tentu saja lebih repot,” jelasnya.

Baca Juga: Saat Telur Disalahkan! Anggapan Makan Telur Bikin Bisulan Bisa Jadi Teror Akhir Bulan

Maka, Dokter Richard menyarankanmu untuk melakukan screening hipertensi pada tahap awal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini