Tips Memilih Arang untuk Bakar-bakar dan Barbequean

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi arang (Sumber : charcoal)

Ilustrasi arang (Sumber : charcoal)

LABVIRAL.COM -Sate adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, terutama saat perayaan tahun baru. Membakar sate sendiri kelihatan cukup mudah, hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, memasak daging hingga empuk, dan menempatkannya di atas arang yang telah dipanaskan.

Namun jangan salah pilih arang, karena salah memilih arang akan menyebabkan bakaran daging atau sate kamu jadi terasa tak enak. Berikut ini cara memilih arang yang tepat untuk membakar sate atau daging lainnya.

Arang yang baik untuk memanggang harus yang tahan lama dan menghasilkan panas yang stabil dan tinggi. Jika berencana membakar daging di malam tahun baru 2023, berikut tips memilih arang untuk barbeque malam tahun baru. Jangan sampai salah memilih batu bara dan membuat daging panggang menjadi kurang nikmat.

Untuk memilih arang yang tepat untuk membakar daging atau sate, pertama-tama Anda perlu memperhatikan jenis arang yang tersedia di pasaran. Ada beberapa jenis arang yang umum digunakan untuk membakar daging atau sate, di antaranya adalah:

Arang kayu

Arang ini terbuat dari kayu yang telah dikeringkan dengan baik, sehingga tidak mudah terbakar dan mengeluarkan asap yang sedikit. Arang kayu juga cocok untuk membakar daging atau sate dengan cara direct grilling yaitu dengan menempatkan daging atau sate langsung di atas arang

Baca Juga: Kenali 4 Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Jarang Orang Tahu,

Arang batok kelapa

Arang ini terbuat dari serpihan batok kelapa yang telah dikeringkan dan dibakar. Arang batok kelapa mengeluarkan asap yang cukup banyak. Kalau suka rasa asap pada daging, tentunya kamu akan merasa cocok untuk membakar daging atau sate dengan arang batok kelapa. Kamu bisa pakai cara indirect grilling untuk membakar daging, maksudnya adalah menempatkan daging atau sate di samping arang dan menutup grill dengan penutup.

Arang briket

Arang ini terbuat dari serbuk kayu yang dibakar dan ditekan kedalam bentuk yang kompak. Arang briket mudah dibakar dan tidak mengeluarkan asap, sehingga cocok untuk membakar daging atau sate dengan cara direct grilling.

Untuk memilih arang yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan ukuran grill yang Anda miliki. Pastikan bahwa arang yang Anda pilih cukup besar untuk mencakup seluruh permukaan grill,dan tidak terlalu kecil sehingga mudah terbakar habis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini