Bun, Tidak Bisa Sembarangan Buat Menyimpan Keju

Annisa Fadhilah
Jumat 31 Maret 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi, keju

Ilustrasi, keju

LABVIRAL.COM - Pernahkah kamu menyimpan keju di kulkas selama beberapa waktu, lalu menjadi keras dan berjamur saat mau digunakan untuk membuat sesuatu hidangan?

Hal ini bisa terjadi bukan karena kualitas keju yang kamu miliki buruk. Namun, kemungkinan hal ini terjadi karena salah menyimpannya.

Keju merupakan produk berbahan dasar susu yang berasal dari hewan. Selayaknya makanan yang berasal dari hewan lainnya, keju pun harus disimpan di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Dengan begitu, manfaat keju pun tetap dapat dirasakan.

Keju yang tersimpan dengan baik dapat digunakan selama beberapa waktu dan diolah menjadi berbagai resep makanan atau camilan dari keju yang bisa dinikmati keluarga. Berikut LabViral.com rangkum dari berbagai sumber, cara menyimpan keju yang baik dan benar, agar bisa dinikmati dan dipakai untuk memasak dalam waktu yang lama.

Perhatikan kertas pelindung keju

Dilansir dari The laaman Kitchn, jika akan membungkus keju dengan plastic wrap agar keju tak tercemari aroma bahan makanan lain, pastikan membungkus keju terlebih dahulu dengan kertas kemasan aslinya atau kertas berlapis lilin khusus untuk makanan. Hal ini untuk mencegah keju terkontaminasi dengan plastik wrap.

Beri tanggal

Jangan lupa, labeli dulu kemasan keju dengan tanggal pembelian, tanggal penyimpanan, dan juga tanggal kedaluwarsa keju yang ada. Jadi, kamu bisa memantau seberapa lama keju bisa disimpan.

Jangan sembarangan memasukan keju ke lemari pendingin

Masukkan keju ke lemari pendingin, jangan meletakannya di suhu ruang. Ingat, jangan masukkan keju ke dalam freezer atau bagian lain di dalam kulkas yang bersuhu ekstrem.

Dilansir dari laman Healthline, meletakkan keju di dalam freezer memang bisa membuat keju lebih tahan lama dibandingkan bila hanya diletakkan di kulkas. Namun, keju bisa menjadi lebih kering, lebih rapuh, dan lebih kasar. Sementara keju paling enak dinikmati pada kondisi segar, dengan rasa dan tekstur yang pas.

Tempat terbaik untuk menyimpan keju adalah di dalam kulkas. Namun, jangan sampai kamu menyimpannya di tempat yang salah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini