5 Ciri Penyakit TBC yang Perlu Diwaspadai dan Pencegahannya

Sunardi
Senin 22 Mei 2023, 17:29 WIB
Ilustrasi seseorang terkena TBC. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang terkena TBC. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Salah satu gangguan yang sering terjadi pada banyak orang dan erat kaitannya dengan pernapasan adalah tuberkulosis (TBC). Oleh karena itu, mengetahui ciri penyakit TBC yang perlu diwaspadai memang penting.

Ciri pernyakit TBC yang perlu diwaspadai ini bisa kenali dengan mudah. TB yang merupakan penyakit menulair paru-paru ini disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. TBC juga bisa ditularkan dari pengidap TB aktif yang mengalami batuk melalui droplet (partikel air di udara) yang dikeluarkan.

Dilansir dari halodoc.com, bahwa data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyebut bahwa sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi kuman TBC, dan setiap detiknya terdapat satu orang yang terinfeksi TBC.

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-ciri Penyakit TBC

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Kenali Ciri-ciri Penyakit TBC Aktif

Baca Juga: Jantung dan Paru-paru Pelaku Penembakan Kantor MUI Pusat Diuji untuk Diteliti

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahkan pernah mengatakan bahwa saat ini Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara dengan pengidap TBC terbanyak di dunia setelah India. Lalu seperti apa ciri panyakit TBC yang perlu diwaspadai ini?


Ciri-ciri Pernyakit TBC yang Perlu Diwaspadai

1. Suhu Tubuh Meningkat

Salah satu ciri penyakit TBC yang perlu diwaspadai adalah suhu tubuh meningkat. Keadaan ini bisa terjadi pada pagi dan siang hari. Meningkatnya suhu tubuh ini biasanya berlangsung selama lebih dari 3 hari.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Style

Waspada! Ini Ciri-ciri Penyakit TBC

Sabtu 18 Maret 2023, 00:43 WIB
Waspada! Ini Ciri-ciri Penyakit TBC
Berita Terkini