Waspada! Ini Ciri-ciri Penyakit TBC

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 00:43 WIB
Ilustrasi, seorang wanita alami TBC

Ilustrasi, seorang wanita alami TBC

LABVIRAL.COM - Penyakit tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dan berpotensi serius menyerang bagian tubuh. TBC merupakan penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bisa ditularkan dari pengidap TB aktif yang mengalami batuk melalui droplet (partikel air di udara) yang dikeluarkan.

Menteri Kesehatan RI mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara dengan pengidap TBC terbanyak di dunia setelah India. Oleh karena itu, mengapa kasus TBC di Indonesia masih menjadi momok dan terus digalakkan pengendaliannya.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Tabungan dan Investasi

Awalnya, gejala TBC berupa batuk. Selain itu, ada juga ciri-ciri lain yang harus diwaspadai. Berikut Labviral.com lampirkan dari berbagai sumber, ciri-ciri yang harus diwaspadai.

1. Suhu Tubuh Meningkat

Tanda-tanda awal munculnya TBC adalah suhu tubuh yang meningkat (demam), terutama di malam hari. Meskipun pada pagi dan siang hari tubuhnya sehat dan bugar, menjelang malam, tubuh pengidap TBC akan melemah dan disertai oleh demam. Meningkatnya suhu tubuh ini biasanya berlangsung selama lebih dari 3 minggu, meskipun sudah mengonsumsi obat penurun demam.

Baca Juga: Ladies, Jangan Sampai Diabaikan, Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Miss V

2. Berkeringat di Malam Hari

Suhu tubuh meningkat dan demam di malam hari juga disertai dengan munculnya keringat. Jumlah keringat yang keluar pun jauh lebih banyak dibandingkan keringat di siang hari. Walaupun tidak terjadi pada semua pengidap TBC, berkeringat di malam hari juga bisa disertai dengan badan yang menggigil.

Baca Juga: Sering Lapar saat Musim Hujan? Begini Cara Mengatasinya

3. Sering Merasa Lelah

Meskipun tidak melakukan aktivitas fisik, tubuh pengidap TBC akan sering merasa kelelahan. Hal ini ditandai dengan tubuh yang pegal-pegal dan sakit kepala.

4. Kulit Pucat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini