Yuk Kenali Lebih Dekat Soal Kista Ginjal dan Cara Ceknya!

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 00:34 WIB
Ilustrasi - kista ginjal

Ilustrasi - kista ginjal

LABVIRAL.COM - Kista ginjal merupakan gangguan pada ginjal yang disebabkan munculnya kantung berisi cairan atau kista di dalam jaringan ginjal.

Kista ginjal dapat muncul pada salah satu atau dua ginjal. Biasanya penyakit ini baru diketahui saat penderitanya menjalani pemeriksaan untuk keperluan medical check up, karena sering kali tidak menimbulkan gejala.

Mengingat kista ginjal tidak menimbulkan gejala, tidak perlu ditangani secara khusus. Kalau begitu apa yang menjadi penyebab kista ginjal? Bagaimana gejala kista ginjal yang perlu mendapat penanganan? Berikut pembahasan bersama Konsultan Ginjal dan Hipertensi, dr. Maruhum Bonar HM, Sp. PD - KGH di channel Youtube Kata Dokter, seperti dikutip Labviral.com.

Baca Juga: Rasanya Pahit, Ternyata Pare Banyak Manfaatnya Lho!

Apa itu kista pada ginjal ?

Menurut Bonar, kista itu sebenarnya rongga berisi air dan biasanya muncul seiring dengan bertambahnya usia. Jadi kista akan semakin membesar hingga akhirnya mengisi rongga perut dan hal itu yang menyebabkan keluhan.

Apa saja tanda dan gejala kista pada ginjal?

Biasanya gejalanya akan terkait dengan seberapa besar kista yang ada di dalam ginjal. Makin besar maka makin muncul keluhan terutama terhadap fungsi ginjal.

Baca Juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat diminum Pagi Hari?

“Ketika masih kecil misalnya kurang dari 1 centi ya tidak ada keluhan, nah yang jadi masalah kalau kistanya lebih dari satu, itu yang menyebabkan pembesaran di ginjal dan penurunan dari fungsi ginjal,” ungkap Bonar.

Apa penyebab kista pada ginjal?

Terkait penyebab, Bonar mengaku hingga saat ini belum diketahui penyebab mengapa ada kista pada ginjal, namun umumnya adalah penyakit bawaan. Semakin bertambahnya usia maka akan semakin besar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini