5 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat, Jangan Sampai Terlewat

Hadi Mulyono
Kamis 25 Mei 2023, 19:54 WIB
Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi. (Sumber : pexels.com/Alena Darmel)

Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi. (Sumber : pexels.com/Alena Darmel)

LABVIRAL.COM - Ketika hari Jumat tiba, kita umat muslim dianjurkan untuk membaca Surah Al Kahfi karena keutamaannya yang luar biasa.

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, 'Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif, Laam, Miim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

Hadis di atas merupakan pahala membaca Al-Qur'an apapun surahnya termasuk Al Kahfi. Namun lebih spesifik mengenai keutamaan surah tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bacaan 5 Ayat Pertama Surah Al Baqarah Lengkap, Arab, Latin dan Artinya

1. Diampuni dosa-dosanya

Dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

2. Terlindungi dari fitnah Dajjal

Dikutip dari situs MUI pada Kamis, 25 Mei 2023, di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi dijelaskan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya."

Baca Juga: 5 Manfaat Membaca Surah Al Baqarah, Penyelamat pada Hari Kiamat

3. Mengingatkan akan kebenaran hari kiamat

Keutamaan membaca Surah Al Kahfi yang selanjutnya yaitu bisa mengingatkan kita akan datangnya hari kiamat yang termasuk bagian dari rukun iman.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini