5 Manfaat Membaca Surah Al Baqarah, Penyelamat pada Hari Kiamat

Hadi Mulyono
Selasa 02 Mei 2023, 17:29 WIB
Ilustrasi Baca Al Quran Mengaji

Ilustrasi Baca Al Quran Mengaji

LABVIRAL.COM - Tahukah kamu bahwa terdapat berbagai macam manfaat membaca Surah Al Baqarah walau hanya beberapa ayatnya saja?

Nah, di bawah ini Labviral.com akan menyebutkan apa saja keutamaan Surah Al Baqarah sesuai dengan hadis Nabi Muhammad saw. Simak sampai habis ya!

1. Menjadi puncaknya Al-Qur'an

Surah yang terdiri dari 286 ayat ini merupakan puncaknya dari Al-Qur'an sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi saw.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ustadz Adi Hidayat, Pendidikan, Karier, Prestasi

Dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah saw bersabda bahwa segala sesuatu di dunia memiliki puncak. Dalam Al-Qur'an puncaknya adalah Surah Al Baqarah. Di dalam Al Baqarah ada ayat yang merupakan tuan dari ayat yang lain yaitu Ayat Kursi." (HR. Tirmidzi).

Dalam redaksi lain dikatakan, "Segala sesuatu memiliki bongkol. Dan bongkol Al-Qur’an adalah Surah Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat sebuah ayat yang menjadi 'tuannya' ayat-ayat Al-Qur’an yakni ayat Kursi. Tidaklah ayat itu dibaca di suatu rumah yang di dalamnya terdapat setan kecuali setan itu akan keluar." (HR. Abdur Razzaq).

2. Sebagai pengusir setan

Surah yang tergolong Madaniyah ini bisa dibaca untuk mengusir setan sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah saw.

Baca Juga: Pasti Akan Datang, Ini 10 Tanda Kiamat Kubra Menurut Hadis

“Sesungguhnya Allah telah menulis kitab seribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Dari kitab itu, Allah menurunkan dua ayat dan dipakai untuk mengakhiri Surah Al Baqarah. Maka tidaklah dua ayat itu dibaca di suatu rumah selama tiga malam, kemudian setan mendekati rumah tersebut." (HR. Ahmad).

3. Menjadi mahkota di surga

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini