5 Hadits tentang Berbakti Kepada Orang Tua, Jangan Sampai Menyakiti Mereka

Hadi Mulyono
Selasa 30 Mei 2023, 14:38 WIB
Hadits tentang berbakti kepada orang tua. (Sumber : pexels.com/Monstera)

Hadits tentang berbakti kepada orang tua. (Sumber : pexels.com/Monstera)

LABVIRAL.COM - Terdapat begitu banyak hadits tentang berbakti kepada orang tua yang menunjukkan bahwa Islam merupakan agama penuh kebaikan.

Sebagaimana kita tahu, setiap manusia pasti mempunyai orang tua yang menyayangi, mengasihi, memberi hingga merawatnya untuk menuju hidup mulia.

Maka dari itu, Rasulullah saw terus mengingatkan umatnya agar selalu berbakti kepada kedua orang tua, entah masih hidup atau sudah tiada.

Baca Juga: 10 Hadits tentang Menuntut Ilmu, Bukti Umat Islam Harus Selalu Belajar

1. Merawat orang tua adalah jihad

Dalam sebuah hadits dari sahabat Abdullah bin Amr bin Ash ra diceritakan bahwa seorang sahabat pernah mendatangi Rasulullah saw.

Kemudian ia meminta izin untuk berjihad dan Rasulullah saw bertanya, "Apakah kedua orang tuamu masih hidup?" "Masih," jawabnya. Rasulullah saw melanjutkan, "Pada (perawatan) keduanya, berjihadlah." (HR. Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

2. Surga berada di bawah telapak kaki ibu

Dari Muawiyah bin Jahimah As-Sulami disebutkan bahwa Jahimah ra pernah mendatangi Nabi Muhammad saw dan berkata, "Aku ingin berperang bersama engkau dan aku datang untuk meminta petunjukmu."

Rasulullah saw lantas bertanya, "Apakah kamu mempunyai ibu?" Ia menjawab, "Ya." "Lazimkanlah ibumu karena surga berada di bawah telapak kakinya.” (HR. An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).

Baca Juga: 6 Hadits tentang Sedekah, Jangan Takut Miskin karena Berbagi

3. Termasuk amal yang paling utama

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini