Kapan Waktu untuk Membaca Kalimat Talbiyah? Begini Penjelasannya

Hadi Mulyono
Selasa 06 Juni 2023, 16:31 WIB
Ilustrasi kalimat talbiyah saat haji. (Sumber : pexels.com/Yasir Gürbüz)

Ilustrasi kalimat talbiyah saat haji. (Sumber : pexels.com/Yasir Gürbüz)

LABVIRAL.COM - Salah satu amalan jemaah haji dan umroh yang tidak boleh dilupakan adalah membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya.

Kalimat sakral untuk mendeklarasikan diri bahwa kita hanya menyembah Allah Swt, pertama kali dibaca oleh Nabi Ibrahim as seusai beliau membangun Ka'bah bersama putranya, Nabi Ismail.

Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk membaca kalimat talbiyah Labaikallahumma labbaik? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Haji Mabrur yang Jadi Impian Setiap Muslim

Waktu untuk membaca kalimat talbiyah

Disadur dari laman Dompet Dhuafa pada Selasa, 6 Juni 2023, kalimat yang berisi ikrar memenuhi panggilan Allah tersebut mulai dibaca setelah niat ihram dari miqat, baik ihram haji maupun ihram umrah.

Kalimat mulia ini disarankan untuk dibaca sebanyak-banyaknya dengan harapan Allah Swt mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan. Adapun waktu berakhirnya membaca kalimat talbiyah adalah sebagai berikut:

  1. Saat orang yang umroh hendak memulai tawaf;
  2. Saat orang yang melaksanakan ibadah haji selesai melontarkan jamrah aqabah pada tanggal 10 Zulhijah, lalu mengganti kalimat talbiyah dengan bacaan takbir.

Baca Juga: Kisah Abah Juhani Jemaah Haji Indonesia, Mau Turun dari Pesawat Keinget Ayamnya di Rumah

Cara membaca kalimat talbiyah

Kalimat talbiyah ini cara membacanya boleh secara berjemaah, dipimpin atas komando, atau sendirian.

Cara ini sebagaimana disandarkan pada hadis dari Ibnu Mas’ud ra yang berbunyi, "Dari Abd ar-Rahman Ibn Yazid dan al-Aswad Ibn Yazid keduanya berkata, 'Kami mendengar Abdullah Ibn Mas’ud berkata di Jam (nama tempat), 'Aku mendengar orang (Nabi Saw) yang diturunkan kepadanya Surah Al-Baqarah di tempat ini membaca 'Labbaikallahumma labbaik.' Sesudah itu ia membaca talbiyah dan kami pun ikut bertalbiyah (memulai ihram)." (HR. Muslim).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini