6 Peristiwa Bersejarah pada Bulan Dzulhijjah, Umat Islam Harus Tahu

Hadi Mulyono
Selasa 20 Juni 2023, 20:28 WIB
Ilustrasi bulan Dzulhijjah. (Sumber : pixabay.com/Robert Karkowski)

Ilustrasi bulan Dzulhijjah. (Sumber : pixabay.com/Robert Karkowski)

LABVIRAL.COM - Sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Dzulhijjah perlu diketahui oleh umat Islam agar bisa mengambil pelajaran dari masa lalu.

Nah, di bawah ini Labviral.com akan membagikan deretan catatan sejarah pada bulan yang di dalamnya dilaksanakan puncak ibadah haji.

Penasaran peristiwa apa saja yang terjadi dalam peradaban manusia khususnya untuk agama Islam? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: 5 Fakta Padang Arafah, Tempat Bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa

1. Momen saat Nabi Ibrahim menyembelih Nabi Ismail

Peristiwa yang tidak boleh dilupakan oleh umat Islam ialah kejadian ketika Nabi Ibrahim diminta Allah Swt untuk menyembelih putranya Nabi Ismail.

Meski berat dilakukan karena Nabi Ibrahim sulit mempunyai keturunan, namun ketakwaan yang dimilikinya membuat ujian dari Allah tersebut terlaksana. Hingga pada akhirnya, Nabi Ismail diganti dengan seekor kambing yang menjadi sejarah disyariatkannya kurban.

2. Nabi Ibrahim membangun Ka'bah

Pada bulan Dzulhijjah, Nabi Ibrahim as diperintahkan Allah untuk membangun Ka'bah bersama putranya Nabi Ismail. Peristiwa ini diabadikan dalam Al-Qur'an tepatnya Surah Al-Baqarah ayat 127.

Baca Juga: Sholat Idul Adha Lebih Baik di Masjid atau Lapangan? Begini Kata Hadis Nabi

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Wa iż yarfa'u ibrāhīmul-qawā'ida minal-baiti wa ismā'īl, rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī'ul-'alīm.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini