Benarkah Berhubungan Badan Suami Istri pada Malam Jumat Termasuk Sunnah Rasul?

Hadi Mulyono
Kamis 22 Juni 2023, 21:04 WIB
Ilustrasi hubungan badan suami istri. (Sumber : pexels.com/Cup of Couple)

Ilustrasi hubungan badan suami istri. (Sumber : pexels.com/Cup of Couple)

LABVIRAL.COM - Di masyarakat, tidak jarang terdengar ungkapan sunnah Rasul mumpung malam Jumat, yang merujuk pada hubungan badan suami istri.

Meski pada dasarnya memang mempunyai banyak fadhilah, namun menurut para ulama tidak ada waktu yang dikhususkan untuk bersetubuh antara pasutri.

Hanya saja, kata-kata tersebut sudah terlanjur menjadi kebiasaan di tengah masyarakat yang mengartikan bahwa berhubungan badan suami istri akan jauh lebih utama pada malam jumat.

Baca Juga: Sholat Idul Adha Lebih Baik di Masjid atau Lapangan? Begini Kata Hadis Nabi

Berdasarkan penelusuran Labviral.com, anggapan tersebut bersandar pada sebuah hadis Nabi Muhammad saw yang mengatakan bahwa sebelum sholat Jumat, seorang muslim akan mendapat pahala besar jika mandi terlebih dahulu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat (dengan membasuh kepala dan anggota badan lainnya), membuat mandi, pergi di awal waktu, mendapati khotbah pertama, mendekat pada imam, mendengar khotbah, serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan sholat setahun." (HR. Tirmidzi, disahihkan oleh Syekh Al-Albani).

Dari hadis tersebut tidak sedikit yang mengartikan bahwa suami istri akan mendapat pahala besar jika berhubungan badan sebelum sholat Jumat dimulai.

Baca Juga: Doa Setelah Mandi Wajib Terlengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya

Alasannya selain pahala dari hubungan badan tersebut, seorang suami akan mendapatkan pahala lain dari mandi wajib yang harus dilakukan. Selain itu, pahala juga bakal semakin bertambah karena pihak istri juga pasti melakukan mandi wajib.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini