Doa Memohon Ampun atas Segala Dosa, Yuk Amalkan Setiap Hari

Hadi Mulyono
Kamis 22 Juni 2023, 21:37 WIB
Ilustrasi doa memohon ampun kepada Allah. (Sumber : unsplash.com/fikry anshor)

Ilustrasi doa memohon ampun kepada Allah. (Sumber : unsplash.com/fikry anshor)

LABVIRAL.COM - Doa memohon ampun kepada Allah atas segala dosa perlu diamalkan setiap hari karena kita sebagai manusia pasti tidak bisa terlepas dari yang namanya dosa dan kesalahan.

Beberapa bacaan di bawah ini Labviral.com bagikan agar kamu bisa membacanya, terutama setiap selesai sholat fardhu lima waktu sehari semalam.

Diharapkan dengan rutin memohon ampunan kepada Allah, dosa-dosa yang telah lalu bisa dihapuskan satu per satu.

Baca Juga: 2 Doa saat Melihat Ka'bah Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Doa memohon ampun

Berikut ini merupakan bacaan doa meminta ampun kepada Allah dari segala dosa dan kesalahan selama hidup di dunia.

رَبِّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي وَجَهْلِي وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي كُلِّهِ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطَايَايَ وَعَمْدِي وَجَهْلِي وَهَزْلِي وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Robbighfir liy wakhothiyatiy wajahliy wasroofiy fiy amriy kullahi wa maa anta a'lamu bihi minniy. Allahummaghfir liy khothooyaa ya wa'amdiy wa jahliy wahazliy wa kullu dzalika 'indiy, Allahummaghfir liy maa qoddamtu wa maa akhortu wa maa asrortu wa maa a'lamtu antal muqoddam wa antal muakhor wa antal 'ala kulli syaiin qodir.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah kesalahan, kebodohan, dan perbuatanku yang terlalu berlebihan dalam urusanku, serta ampunilah kesalahanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kemalasanku, kesengajaanku, kebodohanku, gelak tawaku yang semua itu ada pada diriku. Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang telah berlalu, dosa yang mendatang, dosa yang aku samarkan, dosa yang aku perbuat dengan terang-terangan dan dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku, Engkaulah yang mengajukan dan Engkaulah yang mengakhirkan, serta Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Baca Juga: 3 Doa agar Hujan Berhenti dan Tidak Berubah Menjadi Bencana

Doa Sayyidul istighfar

Selain doa di atas, kita dianjurkan untuk membaca sayyidul istighfar yang memang bertujuan untuk memohon ampunan kepada Allah.

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini