Mengenal Bacaan Istighfar Terbaik Menurut Rasulullah saw

Hadi Mulyono
Senin 26 Juni 2023, 11:01 WIB
Bacaan sayyidul istighfar. (Sumber : pixabay.com/iqbal nuril anwar)

Bacaan sayyidul istighfar. (Sumber : pixabay.com/iqbal nuril anwar)

LABVIRAL.COM - Tahukah kamu bahwa bacaan Sayyidul Istighfar merupakan bacaan istighfar terbaik karena menjadi ikrar penghambaan sekaligus memohon ampunan kepada Allah.

Amalan ini diambil dari sebuah hadis sahih yang diriwayatkan dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu.

Bahwasanya Nabi Muhammad saw bersabda, "Sesungguhnya Sayidul Istighfar (pemimpin istighfar) adalah seseorang hamba yang mengucapkan:

Baca Juga: Netizen Istighfar Liat Isa Zega Pakai Hijab dan Beribadah di Tempat Perempuan Saat Umrah

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa anaa ‘abduka, wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘uudzu bika min syarri maa shana‘tu. Abuu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abuu’u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku. Akulah hamba-Mu dan aku atas tanggungan dan janji-Mu selama aku masih mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat yang Engkau berikan kepadaku. Aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

Baca Juga: Kedahsyatan Sayyidul Istighfar ketika Dibaca di Bulan Ramadan

Sebagai pemimpin istighfar, tentu bacaan di atas mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa sebagaimana dijelaskan Rasulullah saw.

Nabi saw bersabda, "Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga." (Muttafaq alaih).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini