5 Hadits tentang Jual Beli hingga Hukumnya dalam Islam

Hadi Mulyono
Senin 26 Juni 2023, 11:24 WIB
Hadits tentang jual beli. (Sumber : unsplash.com/Devi Puspita Amartha Yahya)

Hadits tentang jual beli. (Sumber : unsplash.com/Devi Puspita Amartha Yahya)

LABVIRAL.COM - Sejumlah hadits tentang jual beli yang sahih, membuktikan bahwa transaksi mencari keuntungan dengan cara tersebut boleh dilakukan oleh setiap orang.

Jual beli adalah proses tukar menukar harta dengan harta untuk kepentingan tertentu yang disertai dengan lafal ijab dan kabul sesuai dengan aturan yang ditentukan dalam syariat Islam.

Lantas, bagaimana bunyi hadits tentang jual beli yang bisa dijadikan landasan hukum kegiatan muamalah tersebut? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: 5 Hadits tentang Puasa dari yang Pendek hingga yang Panjang

1. Keutamaan menjadi pedagang jujur

Dari Abi Sa’id, dari Nabi Muhammad saw bersabda, "Pedagang yang jujur dan terpercaya bersama para Nabi, orang-orang yang jujur dan syuhada." (HR Tirmidzi).

2. Tentang suatu perselisihan dalam jual beli

Dari Ibnu Mas’ud ra ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, 'Apabila dua orang yang berjual beli berselisih, sedang di antara mereka tidak ada keterangan yang jelas, maka perkataan yang benar ialah apa yang dikatakan oleh pemilik barang atau mereka membatalkan transaksi." (HR Mutafaq alaih).

Baca Juga: 3 Hadits tentang Qadha dan Qadar Lengkap dengan Definisinya

3. Barang yang haram diperjual belikan

Dari Jabir Ibnu Abdullah RA bahwa ia mendengar Rasulullah saw bersabda di Mekkah pada tahun penaklukan kota itu, "Sesungguhnya Allah melarang jual-beli minuman keras, bangkai, babi dan berhala.”

Ada orang bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat baginda tentang lemak bangkai karena ia digunakan untuk mengecat perahu, meminyaki kulit dan orang-orang menggunakannya untuk menyalakan lampu?” Beliau bersabda, "Tidak, ia haram."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini