Demi Kesehatan, Ibu Hamil perlu Perhatikan Posisi Tidur dan Bangun Tidur

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 21:23 WIB
Ilustrasi ibu hamil

Ilustrasi ibu hamil

LABVIRAL.COM - Tidur menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Akan tetapi, untuk mendapat tidur yang berkualitas bukanlah hal yang mudah bagi ibu hamil

Mengutip paparan Family Doctor, bagi banyak ibu hamil, tidur 8 hingga 10 jam setiap malam menjadi semakin sulit seiring bertambahnya usia kehamilan mereka. Ada banyak kendala fisik dan emosional untuk tidur di tahap ini.

Ternyata, posisi tidur berpengaruh dalam kenyamanan ibu hamil, serta menjadi sebuah manfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Jangan Marahi Istri Hamil Tidur Siang, Pahami Dulu Manfaatnya Bro

Dilansir LABVIRAL.COM dari laman WebMD, para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk tidur miring kiri. 

Sebab, miring kiri lebih aman untuk janin. Selain itu, miring ke kiri dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dan nutrisi dari jantung Ibu ke plasenta untuk memberi makan janin dalam kandungan.

Manfaat tidur miring ke kiri juga, yaitu membuat lambung berada pada posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati yang berada di sebelah kanan. 

Baca Juga: Tunda Pekerjaan hingga Berpikir Negatif Bisa Merusak Pagi Harimu

Posisi tidur miring ke kiri lainnya,  dapat mengatasi keluhan mendengkur Ibu hamil. Tidak hanya itu, posisi tidur miring ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan atau edema di area kaki, seperti pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Pasalnya, posisi ini membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini