5 Ayat Al-Qur'an tentang Istri yang Tidak Nurut kepada Suami

Hadi Mulyono
Jumat 30 Juni 2023, 15:31 WIB
Al-Qur'an . (Sumber : pixabay.com/Ali Burhan)

Al-Qur'an . (Sumber : pixabay.com/Ali Burhan)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dibagikan beberapa ayat Al-Qur'an yang bisa dijadikan pedoman apabila seorang istri tidak menuruti suaminya.

Dalam istilah agama, seorang istri yang tidak mau nurut dengan suaminya disebut nusyuz. Padahal sebagaimana diketahui, ketika seorang perempuan sudah menikah maka yang wajib ditaati pertama kali bukan lagi orang tuanya melainkan suaminya.

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, "Jika seorang perempuan melaksanakan salat lima waktu, melaksanakan puasa pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka dia akan masuk surga dari pintu mana saja dia kehendaki." (HR Ibnu Hibban, no 4163).

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah saat Hari Raya Idul Adha yang Bikin Kamu Panen Pahala

Nah, di bawah ini merupakan ayat-ayat Al-Qur'an yang menegaskan bahwa seorang istri wajib taat terhadap suaminya.

1. Surah Al Baqarah ayat 223

نِسَآؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ فَأْتُوا۟ حَرْثَكُمْ أَنَّىٰ شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّكُم مُّلَٰقُوهُ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Nisā`ukum ḥarṡul lakum fa`tụ ḥarṡakum annā syi`tum wa qaddimụ li`anfusikum, wattaqullāha wa'lamū annakum mulāqụh, wa basysyiril-mu`minīn.

Artinya: "Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman."

Baca Juga: Waktu yang Disunnahkan untuk Mengumandangkan Takbir saat Idul Adha

2. Surah Al Ahzab ayat 34

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini