7 Golongan Orang yang Mati Syahid, Termasuk yang Kena Reruntuhan Bangunan?

Hadi Mulyono
Sabtu 01 Juli 2023, 14:14 WIB
Ilustrasi mati syahid. (Sumber : pexels.com/Abed albaset alhasan)

Ilustrasi mati syahid. (Sumber : pexels.com/Abed albaset alhasan)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan beberapa golongan orang yang mati syahid berdasarkan hadis Nabi Muhammad saw.

Mati syahid merupakan akhir kehidupan yang sangat diidam-idamkan umat Islam karena bisa mendapatkan jaminan surganya Allah.

Lantas, apa saja golongan orang yang dianggap mati syahid ketika meninggal dunia? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah saat Hari Raya Idul Adha yang Bikin Kamu Panen Pahala

Pengertian mati syahid

Mati syahid adalah keadaan ketika seseorang menghembuskan napas terakhirnya di jalan Allah, hingga disaksikan para malaikat. Biasanya, mati syahid identik dengan perjuangan di medan perang sehingga terkadang sering disalahartikan oleh kalangan fundamentalis.

Jika hal itu masih masih dipertahankan, tentu akan sulit bagi setiap muslim untuk meraih predikat mati syahid mengingat saat ini sudah tidak ada perang.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa golongan orang yang mati syahid bisa pula terjadi ketika seseorang meninggal dunia dalam keadaan di luar perang.

Baca Juga: Waktu yang Disunnahkan untuk Mengumandangkan Takbir saat Idul Adha

Golongan orang yang mati syahid

Menurut sebuah hadis, Rasulullah saw pernah menyebutkan bahwa setidaknya terdapat lima golongan orang yang bisa dikatakan mati syahid.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini