Mengenal Antraks, Penyakit yang Menjangkiti Puluhan Warga Gunungkidul Yogyakarta

Annisa Fadhilah
Rabu 05 Juli 2023, 18:05 WIB
Mengenal Antraks, Penyakit yang Menjangkiti Puluhan Warga Gunungkidul Yogyakarta (Sumber : freepik.com)

Mengenal Antraks, Penyakit yang Menjangkiti Puluhan Warga Gunungkidul Yogyakarta (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Kasus antraks dilaporkan telah menjangkiti puluhan warga Kelurahan Candirejo, Kapanewon Semono, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Apa itu penyakit antraks? berbahayakah?

Menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, satu orang dilaporkan meninggal dunia akibat antraks. Sementara Data Kementerian Kesehatan menunjukkan jumlah warga yang meninggal sebanyak tiga orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menuturkan, kasus ini bermula ketika warga menyembelih dan mengonsumsi sapi yang sudah mati.

Baca Juga: Nama Yenny Wahid Trending Topik Twitter, Kandidat Kuat Cawapres Anies Baswedan, Yuk Intip Latar Belakangnya

"Dia (warga yang meninggal) ikut menyembelih dan mengkonsumsi. Sapinya kondisinya sudah mati lalu disembelih," kata Dewi kepada wartawan dikutip pada Rabu (5/7/2023).

Warga yang meninggal itu dibawa ke RSUP Sardjito pada Sabtu (1/4/2023). Pihak Dinkes Gunungkidul baru menerima laporan adanya warga meninggal di RSUP Sardjito pada Senin (4/7/2023).

Menerima laporan itu, Dinkes Gunungkudul bersama Satgas One Health dari Kapanewon Semanu langsung bergerak untuk melakukan penelusuran.

Baca Juga: KKB Belum Bebaskan Pilot Susi Air, Minta Tebusan Rp5 Miliar hingga Jokowi Rahasiakan Upaya Pemerintah

Dari hasil penelusuran, sebanyak 125 orang diketahui melakukan kontak langsung dengan hewan ternak yang mati karena antraks. Setelah dilakukan pemeriksaan, Dewi menyebutkan, sekitar 85 orang dinyatakan positif antraks.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini