Apakah Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bisa Diklaim Saat Status Kepegawaian Masih Aktif?

Sunardi
Senin 10 Juli 2023, 21:21 WIB
Illustrasi - cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Finansialku)

Illustrasi - cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Finansialku)

LABVIRAL.COM - Salah satu hal yang penting diketahui bagi pengguna BPJS Ketenagakerjaan adalah bisa klaim saldo. Pasalnya, tak sedikit yang menanyakan apakah saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa diklaim saat status kepegawaian masih aktif?

Menurut Penata Madya Komunikasi Internal di BPJS Ketenagakerjaan, Brian Radiastra, menjelaskan bahwa pekerja tidak bisa melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan apabila status karyawannya masih aktif.

"Tidak bisa diklaim bila yang bersangkutan BPJS Ketenagakerjaannya masih aktif," kata Brian kepada wartawan, Minggu (9/7/2023).

Baca Juga: Memahami Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan, dari Manfaat, Syarat hingga Cara Klaimnya

Baca Juga: 3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Langkah-langkahnya Cepat dan Gampang

Menurut Brian, bahwa BPJS Ketenagakerjaan hanya bisa diklaim minimal satu bulan setelah karyawan resign atau berhenti bekerja. Pekerja yang bersangkutan pun harus memastikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sudah dinonaktifkan oleh HRS agar proses klaim bisa dilakukan.

"Umumnya 1 bulan setelah resign. Tapi perlu dipastikan juga bahwa HRD telah menonaktifkan kepesertaan yang bersangkutan," ujar Brian.

Selanjutnya, untuk bisa mencairkan BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya bisa dilakukan dengan adanya paklaring, yakni salah satu syarat untuk bisa mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Paklaring sendiri merupakan surat yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di suatu instansi perusahaan, yang juga dilengkapi dengan posisi jangka waktu bekerja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini