Baca UMK Bandung, Cimahi dan Sumedang Sebelum Kamu Nego Sama HRD

Annisa Fadhilah
Selasa 11 Juli 2023, 10:51 WIB
Baca UMK Bandung, Cimahi dan Sumedang Sebelum Kamu Nego Sama HRD (Sumber : freepik.com)

Baca UMK Bandung, Cimahi dan Sumedang Sebelum Kamu Nego Sama HRD (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - UMK Bandung, Cimahi dan Sumedang 2023 atau yang dulu disebut UMR Bandung, Cimahi dan Sumedang 2023 telah ditetapkan oleh pemerintah.

Angka UMK Bandung, Cimahi dan Sumedang 2023 yang dulunya disebut UMR Bandung, Cimahi dan Sumedang 2023 ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No 561.7/Kep.776-Kesra/2022 tentang UMK Jawa Barat 2023.

Tak hanya UMK Bandung 2023, Cimahi dan Sumedang, UMK di kabupaten dan kota lain di wilayah Provinsi Jawa Barat juga ditetapkan dengan Keputusan Gubernur yang sama.

Baca Juga: Cepat Naik Kelas, Pemerintah Siapkan Fasilitasi Pendampingan dan Bantuan bagi Pelaku UMKM di Jember

UMK Bandung 2023, UMK Cimahi dan Sumedang inilah yang kemudian akan menjadi acuan angka penggajian terendah di tiga wilayah tersebut sepanjang tahun 2023.

Apa itu UMK, UMP dan UMR? UMK adalah Upah Minimum Kabupaten atau Kota, sedangkan UMP adalah Upah Minimum Provinsi, lalu UMR adalah Upah Minimum Regional

UMP Jawa Barat akan menentukan angka upah minimum terendah, sehingga di Provinsi Jawa Barat tidak ada angka UMK yang lebih rendah dari UMP Jawa Barat 2023.

Angka UMP Jabar ini akan menjadi salah satu variabel dalam perhitungan UMK di Jawa Barat. Jika dalam perhitungan UMK ditemukan hasil yang lebih rendah dari UMP, maka kabupaten atau kota tersebut akan menggunakan UMP sebagai UMK nya.

UMR sendiri merupakan istilah yang umum dipakai sebelum muncul istilah UMK. Jadi UMR dan UMK pada prinsipnya sama, hanya perbedaan istilah saja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini