5 Hikmah Beriman kepada Hari Akhir yang Perlu Kamu Ketahui

Hadi Mulyono
Rabu 12 Juli 2023, 09:11 WIB
Ilustrasi hari kiamat. (Sumber : pixabay.com/Thomas Breher)

Ilustrasi hari kiamat. (Sumber : pixabay.com/Thomas Breher)

LABVIRAL.COM - Tahukah kamu bahwa terdapat berbagai hikmah beriman kepada hari akhir yang bisa kita petik sebagai umatnya Nabi Muhammad saw.

Hari akhir atau kiamat, pasti akan terjadi meski tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mampu mengetahuinya.

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn.

Baca Juga: 5 Doa untuk Orang Tua, Baik yang Masih Hidup atau Sudah Meninggal

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS. Al-A'raf ayat 187).

Lantas, apa saja hikmah beriman kepada hari akhir yang wajib kita yakini kedatangannya kelak? Scroll artikel ini sampai habis ya!

1. Tanda orang beriman

Meyakini datangnya hari akhir merupakan salah satu rukun iman yang harus ada dalam hati setiap muslim.

Allah Swt berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya, "Dan sesungguhnya, (hari) kiamat itu pasti datang terjadi, tidak ada keraguan kepadanya. Dan Sungguh, bahwasanya Allah Swt akan membangkitkan semua orang yang ada di dalam kubur.” (QS. Al-Hajj ayat 7).

Baca Juga: Doa Tahiyat Akhir Lengkap dengan Hukumnya, Muslim Harus Tahu!

2. Mengingatkan kita agar selalu beramal saleh

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini