10 Hadits tentang Hari Kiamat, Menguak Tanda-tanda Datangnya Hari Akhir

Hadi Mulyono
Sabtu 20 Mei 2023, 13:55 WIB
Ilustrasi hari kiamat. (Sumber : pixabay.com/Gerd Altmann)

Ilustrasi hari kiamat. (Sumber : pixabay.com/Gerd Altmann)

LABVIRAL.COM - Dalam artikel ini akan disebutkan sepuluh hadits tentang hari kiamat yang pasti terjadi meski tidak diketahui kapan waktunya tiba.

Rasulullah saw sering mendapat pertanyaan dari para sahabat tentang kapan hari kiamat tiba, namun beliau hanya bisa menyebutkan tanda-tandanya.

Dan inilah hadits tentang hari kiamat yang menjelaskan apa saja tanda-tanda kehancuran alam semesta tersebut. So, simak sampai habis ya!

Baca Juga: 10 Hadits Menuntut Ilmu yang Harus Kamu Tahu, Wajib Bagi Setiap Muslim

1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra menuturkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari ini (hari kiamat) dibuka sebagian akan keluar dari dinding Ya’juj Ma’juj sambil membuat sembilan puluh ikatan.” (HR. Sahih Bukhari dan Muslim)

2. Diriwayatkan dari Anas, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di antara syarat-syarat terjadinya kiamat ialah jika ilmu dicabut, kebodohan merajalela, perzinaan tersebar luas, khamr diminum, kaum lelaki hilang (berkurang) tinggal kaum wanita saja sehingga lima puluh wanita menjadi tanggungan seorang laki-laki.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul para pendusta. Jumlah mereka kurang lebih 30 orang dan seluruhnya mendakwakan diri bahwa mereka adalah utusan Allah. (HR. Bukhari).

Baca Juga: Jangan Sampai Lupa, Ini 3 Hadits tentang Niat untuk Setiap Amal

4. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, “Putra Maryam akan turun sebagai pemimpin yang bijak dan hakim yang adil. Dia akan mematahkan salib, membunuh babi, mengembalikan kedamaian, menjadikan pedang sebagai sabit, dan membuang rambut palsu dari siapa pun yang berambut palsu. (Di waktu itu) langit menurunkan rezekinya, bumi mengeluarkan berkahnya. Sehingga anak kecil bisa bermain dengan ular tanpa mendapat bahaya darinya, kambing dan serigala berkeliaran bersama tanpa ada bahaya, singa dan lembu berkeliaran bersama tanpa ada bahaya.” (HR. Ahmad)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini