3 Amalan Sunnah Berpahala Besar di Bulan Muharam

Hadi Mulyono
Sabtu 22 Juli 2023, 15:02 WIB
Ilustrasi Puasa Muharam. (Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska)

Ilustrasi Puasa Muharam. (Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska)

LABVIRAL.COM - Memasuki bulan Muharam, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah karena pahala akan dilipat gandakan. Bulan ini tergolong spesial karena pernah disebutkan oleh Allah Swt dalam salah satu ayat Al-Qur'an.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn.

Baca Juga: 5 Amalan Sunnah Rasul Penambah Pahala pada Malam Jumat

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (QS. At Taubah ayat 36).

Karena keistimewaan bulan Muharam, kali ini Labviral.com bakal merekomendasikan tiga amalan sunnah berpahala besar yang bisa kamu kerjakan.

1. Puasa Tasua dan Asyura

Puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram yang tahun ini bertepatan dengan tanggal 29 Juli 2023 karena malam 1 Suro terjadi pada 19 Juli 2023.

Baca Juga: Benarkah Berhubungan Badan Suami Istri pada Malam Jumat Termasuk Sunnah Rasul?

Namun sebelumnya, umat Islam juga disunnahkan mengerjakan puasa Tasua pada 28 Juli 2023 (9 Muharam) agar menjadi pembeda dengan umat Yahudi.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, "Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam. Dan salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.” (HR. Muslim).

2. Sedekah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini