Bolehkah Shalat Dhuha Tidak Membaca Surah Ad-Dhuha? Begini Penjelasannya

Hadi Mulyono
Senin 24 Juli 2023, 10:17 WIB
Ilustrasi shalat Dhuha. (Sumber : unsplash.com/Imad Alassiry)

Ilustrasi shalat Dhuha. (Sumber : unsplash.com/Imad Alassiry)

LABVIRAL.COM - Tidak bisa dipungkiri, shalat Dhuha menjadi salah satu ibadah yang sangat sering dikerjakan oleh sebagian besar umat Islam.

Ibadah yang satu ini, terbukti bisa memperlancar rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, sehingga sering dilakukan kaum muslim saat memohon nasib hidup berubah jadi lebih baik.

Dikerjakan pada pagi hari saat matahari mulai naik hingga menjelang waktu Zuhur, shalat Dhuha terdiri atas minimal dua rakaat. Itu artinya, ibadah tambahan ini bisa dikerjakan empat, enam, hingga dua belas rakaat.

Baca Juga: 3 Amalan Sunnah Berpahala Besar di Bulan Muharam

Pertanyaannya, bolehkah shalat Dhuha dikerjakan tanpa membaca Surah Ad-Dhuha? Daripada penasaran langsung saja simak sampai habis artikel ini ya.

Hukum shalat Dhuha

Para ulama sepakat bahwa shalat ini hukumnya sunnah, sehingga jika tidak dikerjakan maka tidak mendapat dosa.

Namun apabila dikerjakan, terlebih rutin setiap hari, maka ia akan memperoleh pahala besar, terkhusus dilancarkan rezekinya. Dalil mengapa shalat Dhuha hukumnya sunnah, disandarkan pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahuanhu.

"Siapa saja yang dapat mengerjakan shalat Dhuha dengan langgeng (istiqamah), maka akan diampuni dosanya oleh Allah, sekali pun dosa itu sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Doa Ketika Bersin Lengkap dengan Artinya Sesuai Sunnah

Surah yang dibaca saat shalat Dhuha

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini