Kapan Puasa Asyura 2023? Simak Jadwal, Niat dan Tata Caranya di Sini

Hadi Mulyono
Selasa 25 Juli 2023, 16:31 WIB
Ilustrasi puasa Asyura. (Sumber : pexels.com/Manprit Kalsi)

Ilustrasi puasa Asyura. (Sumber : pexels.com/Manprit Kalsi)

LABVIRAL.COM - Jadwal puasa Asyura 1445 Hijriyah atau tahun 2023 M penting untuk diketahui umat muslim agar bisa menambah pahala.

Puasa Asyura adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram setiap tahunnya. Konon menurut sejarah, puasa ini pada awalnya dikerjakan untuk memperingati kemenangan Nabi Musa as melawan musuh, ketika diselamatkan Allah berkat mukjizat bisa membelah lautan.

Lalu kapan puasa Asyura tahun 2023 ini akan dilaksanakan? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak selengkapnya di bawah ini ya!

Baca Juga: 3 Amalan Sunnah Berpahala Besar di Bulan Muharam

Dalil anjuran puasa Asyura

Berbagai hadis, pernah menjelaskan bagaimana hukum puasa Asyura yang sunnah dikerjakan oleh setiap muslim.

Dari Ibnu ‘Abbas ra bahwa Nabi Muhammad saw ketika tiba di Madinah, Beliau mendapati mereka (orang Yahudi) melaksanakan shaum hari Asyura (10 Muharam) dan mereka berkata, "Ini adalah hari raya, yaitu hari ketika Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan Firaun. Lalu Nabi Musa as mempuasainya sebagai wujud syukur kepada Allah."

Maka Beliau bersabda,"Akulah yang lebih utama (dekat) terhadap Musa dibanding mereka." Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan ummatnya untuk mempuasainya." (HR. Bukhari).

Baca Juga: Doa Ketika Bersin Lengkap dengan Artinya Sesuai Sunnah

Dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata, "Rasulullah saw bersabda, "Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam." (HR. Muslim).

Jadwal puasa Asyura

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini