Sejarah Kerajaan Demak, Pendiri hingga Fakta-fakta Menarik yang Wajib Diketahui Bangsa Indonesia

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 03 Agustus 2023, 20:42 WIB
Kerajaan Demak (Sumber : Repro/commons.wikimedia.org)

Kerajaan Demak (Sumber : Repro/commons.wikimedia.org)

LABVIRAL.COM - Sejarah Kerajaan Demak menarik diketahui Bangsa Indonesia, terlebih bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa.

Kerajaan Demak adalah salah satu kerajaan Islam yang berdiri di Pulau Jawa, Indonesia, pada abad ke-15 hingga awal abad ke-16.

Kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di wilayah Jawa dan menjadi cikal bakal munculnya kerajaan-kerajaan Islam lainnya di wilayah Nusantara.

Baca Juga: 30 Ayat Alkitab Perjanjian Lama tentang Harapan Akan Masa Depan yang Penuh Berkat, Sebab Tuhan Sungguh Menyayangimu

Fakta-fakta Menarik Kerajaan Demak

Asal Usul

Kerajaan Demak berdiri pada tahun 1475 Masehi di daerah Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Kerajaan ini dipimpin oleh Raden Patah, yang merupakan putra dari Brawijaya V, raja terakhir Kerajaan Majapahit.

Penguasa

Raden Patah menjadi raja pertama Kerajaan Demak. Setelah Raden Patah wafat, kekuasaan kerajaan ini dilanjutkan oleh para keturunannya, termasuk Pangeran Sabrang Lor (Pangeran Alam) dan Pangeran Trenggana (Sultan Trenggana).

Penyebaran Islam

Salah satu hal terpenting yang menonjol dari Kerajaan Demak adalah peranannya dalam penyebaran agama Islam di Jawa.

Raja-raja Demak mendukung penyebaran Islam secara aktif dan memberikan perlindungan kepada para ulama dan wali (orang yang dianggap memiliki keutamaan spiritual) dalam aktivitas dakwah mereka.

Baca Juga: Apa Itu Business Plan? Simak Juga Manfaat dan Cara Membuatnya, Lengkap dengan Contoh

Konflik dengan Portugis

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini