Isi Kandungan Surah An Nisa Ayat 59, Pandangan Islam tentang Para Pemimpin

Hadi Mulyono
Kamis 10 Agustus 2023, 14:58 WIB
Ilustrasi Al-Qur'an surah An Nisa.(Sumber : unsplash.com/GR Stocks)

Ilustrasi Al-Qur'an surah An Nisa.(Sumber : unsplash.com/GR Stocks)

LABVIRAL.COM - Surah An Nisa ayat 59 mempunyai makna penting untuk bisa kita terapkan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebab dalam ayat ini terdapat pembahasan mengenai perintah untuk menaati para pemimpin yang benar dalam menjalankan amanah rakyat.

Bagaimana penjelasan selengkapnya? Tanpa perlu panjang lebar lagi langsung saja simak sampai tuntas artikel ini ya!

Baca Juga: Ayat Seribu Dinar Surah Apa? Begini Penjelasan dan Keutamaannya

Bacaan Surah An Nisa ayat 59

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا

Yā ayyuhal-lażīna āmanū aṭī‘ullāha wa aṭī‘ur-rasūla wa ulil-amri minkum, fa in tanāza‘tum fī syai'in fa rudd­hu ilallāhi war-rasūli in kuntum tu'minūna billāhi wal-yaumil-ākhir(i), żālika khairuw wa aḥsanu ta'wīlā(n).

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ulul amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih bagus akibatnya (di dunia dan di akhirat)." (QS. An Nisa ayat 59).

Baca Juga: Bacaan Imalah Terdapat dalam Surah Apa? Ini Keterangannya

Isi kandungan Surah An Nisa Ayat 59

Dilihat dari artinya, secara umum ayat ini memerintahkan umat muslim agar taat kepada Allah, Rasulullah, dan para pemimpin yang amanah memperjuangkan kemaslahatan umat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini