Isi Surah Al Ankabut Ayat 45, Salat Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar

Hadi Mulyono
Rabu 16 Agustus 2023, 13:05 WIB
Ilustrasi Surah Al Ankabut ayat 45. (Sumber : unsplash.com/GR Stocks)

Ilustrasi Surah Al Ankabut ayat 45. (Sumber : unsplash.com/GR Stocks)

LABVIRAL.COM - Bacaan dan isi kandungan Surah Al Ankabut ayat 45 patut direnungkan setiap muslim, karena menjadi pengingat akan betapa pentingnya mengerjakan salat fardhu lima waktu.

Surah Al Ankabut sendiri terdiri dari 69 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah.

Mempunyai arti Laba-laba, Surah Al Ankabut berada di urutan ke-29 dari 114 surah yang ada di dalam mushaf Al-Qur'an. Berikut merupakan bacaan dan penjelasan isi kandungan ayat tersebut. Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Inara Rusli Puasa dan Salat Malam untuk Kekacauan Pernikahannya dengan Virgoun

Bacan Surah Al Ankabut ayat 45

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Utlu mā ūḥiya ilaika minal-kitābi wa aqimiṣ-ṣalāh(ta), innaṣ-ṣalāta tanhā ‘anil-faḥsyā'i wal-munkar(i), wa lażikrullāhi akbar(u), wallāhu ya‘lamu mā taṣna‘ūn(a).

Artinya: "Bacalah (Nabi Muhammad) Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu dan tegakkanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Sungguh, mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya daripada ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Ankabut ayat 45).

Baca Juga: Keutamaan Membaca Doa Iftitah Sesuai Hadis Setiap Salat

Tafsir Surah Al Ankabut ayat 45

Pada ayat ini, Allah Swt memerintahkan Nabi Muhammad saw agar selalu membaca dan memahami Al-Qur’an yang telah diturunkan kepadanya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini