Hadis tentang Anjuran Menutup Pintu saat Maghrib

Hadi Mulyono
Kamis 17 Agustus 2023, 18:00 WIB
Anjuran menutup pintu. (Sumber : pexels.com/Life Of Pix)

Anjuran menutup pintu. (Sumber : pexels.com/Life Of Pix)

LABVIRAL.COM - Di tengah masyarakat, timbul suatu kepercayaan bahwa ketika sore menjelang waktu magrib maka pintu dan jendela rumah harus segera ditutup.

Meski kedengarannya mistis, namun kebiasaan tersebut nyatanya berangkat dari beberapa hadis tentang anjuran menutup pintu saat maghrib.

Bagaimana bunyi hadis yang harus dipercaya oleh setiap muslim tersebut? Kepoin sampai habis artikel ini yuk!

Baca Juga: Isi Surah Al Ankabut Ayat 45, Salat Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar

Alasan pintu rumah ditutup saat sore hari

Bukan sekadar isapan jempol semata, perintah agar pintu rumah ditutup saat sore hari didasarkan atas hadis Nabi Muhammad saw.

Dari sahabat Jabir radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, "Jika malam datang menjelang, atau kalian berada pada sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian (di rumah), karena ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkan mereka (jika ingin keluar). Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekadar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain berbunyi, "Matikanlah lampu-lampu kalian, jika kalian hendak tidur. Dan tutuplah pintu-pintu serta tutuplah bejana serta wadah-wadah makan dan minum kalian.” (HR. Bukhari).

Baca Juga: Surah Al Anfal Ayat 72 Berisi tentang Apa? Begini Penjelasannya

Hadis di atas hingga kini menjadi pegangan masyarakat, terutama untuk melarang anak-anak kecil keluar rumah saat senja. Sebab, mereka terkadang bisa melihat makhluk-makhluk tak kasat mata yang senantiasa mengganggu dan menakuti.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini