Surah Al Anfal Ayat 72 Berisi tentang Apa? Begini Penjelasannya

Hadi Mulyono
Rabu 16 Agustus 2023, 10:18 WIB
Ilustrasi Surah Al Anfal ayat 72. (Sumber : pixabay.com/466062)

Ilustrasi Surah Al Anfal ayat 72. (Sumber : pixabay.com/466062)

LABVIRAL.COM - Siapa yang masih belum hafal dengan Surah Al Anfal Ayat 72 lengkap dengan terjemahan dan isi kandungannya?

Jika kamu termasuk yang belum hafal, maka sangat dianjurkan untuk menyimak artikel ini dengan seksama.

Tanpa perlu berlama-lama, langsung saja scroll artikel berikut sampai habis untuk mengetahui bacaan serta isi kandungannya. Keep reading guys!

Baca Juga: 7 Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Menyayangi Anak Yatim

Bacaan Surah Al Anfal ayat 72

Berikut ini merupakan lafal Surah Al Anfal ayat ke-72, lengkap dengan tulisan Arab, latin dan terjemahan.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Innal-lażīna āmanū wa hājarū wa jāhadū bi'amwālihim wa anfusihim fī sabīlillāhi wal-lażīna āwaw wa naṣarū ulā'ika ba‘ḍuhum auliyā'u ba‘ḍ(in), wal-lażīna āmanū wa lam yuhājirū mā lakum miw walāyatihim min syai'in ḥattā yuhājirū, wa inistanṣarūkum fid-dīni fa ‘alaikumun naṣru illā ‘alā qaumim bainakum wa bainahum mīṡāq(un), wallāhu bimā ta‘malūna baṣīr(un).

Baca Juga: 3 Dalil Al-Qur'an tentang Hukum Memakan Bangkai

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman, berhijrah, dan berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah, serta orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu sebagiannya merupakan pelindung) bagi sebagian yang lain. Orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun atas kamu untuk melindungi mereka sehingga mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama (Islam), wajib atas kamu memberikan pertolongan, kecuali dalam menghadapi kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Anfal ayat 72).

Isi kandungan Surah Al Anfal ayat 72

Secara ringkas, ayat ini berisi tentang suatu amal yang bisa menjadi bukti keislaman seseorang, yakni berhijrah. Hijrah dalam konteks ini adalah berpindahnya Nabi Muhammad saw bersama para pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk mencari perlindungan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini