7 Ayat Al-Qur'an tentang Perintah Menyayangi Anak Yatim

Hadi Mulyono
Kamis 06 Juli 2023, 13:19 WIB
Ilustrasi anak yatim. (Sumber : pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Ilustrasi anak yatim. (Sumber : pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

LABVIRAL.COM - Allah Swt dalam Al-Qur'an memerintahkan manusia untuk selalu merawat, menyantuni dan menyayangi anak yatim.

Sebab, mereka tergolong kaum yang lemah setelah ditinggal meninggal dunia oleh sang ayah, sehingga tidak ada yang bertanggung jawab penuh untuk mencarikan nafkah.

Bukan hanya Allah Swt yang memerintahkan kita menyayangi mereka, Rasulullah saw juga mengatakan hal yang sama dalam hadis-hadisnya.

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah saat Hari Raya Idul Adha yang Bikin Kamu Panen Pahala

"Sebaik-baik rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah).

Nah, di bawah ini akan dibagikan sejumlah ayat-ayat Al-Qur'an tentang betapa pentingnya merawat dan menyayangi anak yatim. Simak sampai habis ya!

1. QS. Al-Baqarah ayat 220

فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْيَتَٰمَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٰنُكُمْ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Baca Juga: Waktu yang Disunnahkan untuk Mengumandangkan Takbir saat Idul Adha

Fid-dun-yā wal-ākhirah, wa yas`alụnaka 'anil-yatāmā, qul iṣlāḥul lahum khaīr, wa in tukhāliṭụhum fa ikhwānukum, wallāhu ya'lamul-mufsida minal-muṣliḥ, walau syā`allāhu la`a'natakum, innallāha 'azīzun ḥakīm.

Artinya: "Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

2. QS An-Nisa ayat 36

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini