Wajib Disantuni, Berikut Doa untuk Anak Yatim dalam Agama Islam

Hadi Mulyono
Rabu 05 Juli 2023, 20:33 WIB
Ilustrasi anak yatim. (Sumber : pexels.com/Pok Rie)

Ilustrasi anak yatim. (Sumber : pexels.com/Pok Rie)

LABVIRAL.COM - Anak yatim adalah anak kecil yang ditinggal ayahnya meninggal dunia, sehingga tidak ada yang bertanggung jawab penuh untuk mencarkan nafkah untuknya.

Umat Islam diperintahkan Allah Swt untuk selalu menyantuni anak yatim, sebagaimana yang dijelaskan dalam berbagai ayat Al-Qur'an.

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Baca Juga: Pahala Sholat di Masjidil Haram, Bikin Iri yang Belum Haji dan Umroh

Wa'budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-junubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā.

Artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri." (QS. An-Nisa ayat 36).

Selain merawat dan memberi makan, kita juga dianjurkan untuk mendoakan anak yatim dalam setiap kesempatan, misalnya saat acara santunan.

Baca Juga: Sholat Idul Adha Lebih Baik di Masjid atau Lapangan? Begini Kata Hadis Nabi

Doa untuk anak yatim

Inilah bacaan doa bagi anak yatim, agar Allah Swt senantiasa memberikan rahmat dan anugerahnya.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الْآمِلِينَ

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini