3 Doa untuk Bertawakal Kepada Allah dan Keutamaannya

Hadi Mulyono
Rabu 23 Agustus 2023, 10:12 WIB
Doa untuk bertawakal. (Sumber : unsplash.com/fikry anshor)

Doa untuk bertawakal. (Sumber : unsplash.com/fikry anshor)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dibagikan bagaimana bacaan doa untuk bertawakal kepada Allah yang menjadi salah satu perbuatan terpuji.

Tawakal adalah berserah diri, bersikap pasrah, menyerahkan segala hasil kepada Allah Swt karena segala sesuatu telah dirancang oleh-Nya.

Bukan tanpa sebab manusia diperintahkan untuk berserah diri. Sebab dalam sebuah ayat dikatakan bahwa orang yang tawakal akan dicintai oleh Allah Swt.

Baca Juga: Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Keutamaannya

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

Fabimā raḥmatim minallāhi linta lahum, wa lau kunta faẓẓan galīẓal-qalbi lanfaḍḍū min ḥaulik(a), fa‘fu ‘anhum wastagfir lahum wa syāwirhum fil-amr(i), fa iżā ‘azamta fa tawakkal ‘alallāh(i), innallāha yuḥibbul-mutawakkilīn(a).

Artinya: "Maka, berkat rahmat Allah engkau (Nabi Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Seandainya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka akan menjauh dari sekitarmu. Oleh karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam segala urusan (penting). Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal." (QS. Ali Imran ayat 159).

Lalu bagaimana doa untuk bertawakal yang bisa diamalkan oleh setiap manusia? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Doa Pembuka Rezeki Sesuai Sunnah, Yuk Amalkan Setiap Hari

Doa berserah diri kepada Allah

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِى، أَنْتَ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini