3 Sorotan Negatif Debat Perdana Capres 2024, Ada yang Sebut Debat Kusir

Efendi AW
Kamis 14 Desember 2023, 12:28 WIB
Debat Perdana Pilpres 2024 (Sumber : Tangkapan layar YouTube KompasTV)

Debat Perdana Pilpres 2024 (Sumber : Tangkapan layar YouTube KompasTV)

LABVIRAL.COM - Debat perdana capres 2024 telah usai namun masih menjadi sorotan hingga beberapa hari. Pasalnya, dalam debat perdana tersebut sempat terjadi saling serang argumen antar ketiga capres.

Debat perdana itu mengusung tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Di antara sorotan itu adalah munculnya komentar dari beberapa tokoh yang menilai adanya kekurangan dari debat perdana Pilpres 2024. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Gibran dinilai mengompori

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku setuju dengan pendapat publik yang menyoroti gimik Gibran di debat pilpres 2024 perdana sebagai upaya mengompori. Dia menyebut jika sorotan itu merupakan bahasa dari rakyat.

"Nah ini banyak yang mengatakan itu upaya untuk mengompori jadi saya setuju. Itu bahasa rakyat," kata Hasto kata Hasto di High End, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023).

Kemudian, Hasto juga menanggapi perihal Prabowo yang menyebut Ganjar tendensius. Hasto mengatakan jika debat memang harus bersifat tendensi.

"Ya debat harus ada suatu tendensi khusus. Kalau nggak ada tendensi bukan debat, itu percakapan," ungkapnya.

"Debat itu menguji gagasan dan itu disampaikan dari kelompok-kelompok HAM yang ingin menanyakan bagaimana nasib para korban penculikan itu sehingga ini harus. Kemudian ada bukti-bukti otentik sehingga yang disampaikan adalah fakta," imbuh dia.


2. KPU akan evaluasi debat perdana

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyatakan akan mengevaluasi debat perdana calon presiden (capres) yang digelar pada Selasa (12/12/2023). Salah satu yang dievaluasi adalah aksi calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka yang dianggap provokatif saat Prabowo Subianto berdebat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini