4 Dalil Diwajibkannya Memberi Nafkah yang Halal untuk Keluarga

Hadi Mulyono
Jumat 10 Maret 2023, 07:32 WIB
Perintah memberi nafkah yang halal. (Sumber : pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari)

Perintah memberi nafkah yang halal. (Sumber : pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari)

LABVIRAL.COM - Agama Islam mewajibkan pemeluknya agar memberi nafkah yang halal untuk keluarga.

Khususnya bagi para suami, ia harus mengusahakan untuk mencari nafkah dengan cara yang halal walau harus lelah dan berdarah-darah.

Sebab jika nafkah yang diberikan kepada anak dan istri dalam keluarga haram, maka tidak akan mendatangkan keberkahan. Sebaliknya, harta tersebut justru bisa melahirkan kemudharatan.

Baca Juga: Gara-gara Telat Datang Pertemuan Tim, Paul Pogba Tak Main di Liga Europa

Berkaitan dengan perkara ini, berikut Labviral.com bagikan penjelasan beberapa dalil tentang betapa pentingnya memberi nafkah yang halal untuk keluarga. Simak sampai habis yuk!

1. Perintah dalam Al-Qur'an

لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا
يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا ࣖ

Liyunfiq żụ sa'atim min sa'atih, wa mang qudira 'alaihi rizquhụ falyunfiq mimmā ātāhullāh, lā yukallifullāhu nafsan illā mā ātāhā, sayaj'alullāhu ba'da 'usriy yusrā

Baca Juga: Hasil Lengkap Leg I 16 Besar Liga Europa 2023, MU Menang usai Dibantai Liverpool

Artinya: "Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan." (QS. At-Talaq ayat 7).

2. Nafkah Bernilai Sedekah

Rasulullah saw bersabda, “Nafkah yang diberikan seorang kepala rumah tangga kepada keluarganya bernilai sedekah. Sungguh, seseorang diberi ganjaran karena meski sesuap nasi yang dia masukkan ke dalam mulut keluarganya.’” (HR. Muttafaq alaih).

Baca Juga: Mengenal Fitur Mini Capsule Realme C55 NFC, Mirip Dynamic Island iPhone 14 Pro?

3. Dijanjikan Pahala Surga

Memberi nafkah yang halal untuk keluarga bisa mengantarkan seseorang menuju surga sebagaimana dikatakan Rasulullah saw.

Dari Abu Sa’id ra, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengasuh tiga putri, lalu mendidik, kemudian mengawinkan, dan memperlakukan tiga putrinya itu, maka ia berhak mendapat surga,” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Baca Juga: Yeni Inka Ungkap Kisah Cintanya dengan Suami Berawal dari Perselingkuhan, Bikin Geger Para Pria!

4. Mendapat Pahala yang Besar

Rasulullah saw bersabda, “Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau sedekahkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan kepada keluargamu, pahala yang paling besar adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” (HR Muslim, Ahmad dan Baihaqi).

Begitulah betapa penting memberi nafkah yang halal bagi keluarga. Harta yang halal secukupnya jauh lebih baik daripada banyak tetapi haram.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini