4 Alasan Korban Pelecehan Seksual Cenderung Memilih Diam

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 22:08 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual (Sumber : kulonprogokab.go.id)

Ilustrasi pelecehan seksual (Sumber : kulonprogokab.go.id)

LABVIRAL.COM - Kasus pelecehan seksual menjadi sorotan publik dan ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa korban memilih untuk speak up.Namun, beberapa korban pelecehan seksual lainya justru memilih diam. Tentu saja segala pilihan memiliki alasannya masing-masing.

Pelecehan seksual membawa dampak yang besar bagi korban, baik secara fisik maupun psikis. Maka, tidak mudah untuk mereka cepat memutuskan sesuatu. Akhirnya banyak korban pelecehan seksual yang memilih diam.

Sebelum membahas mengapa korban pelecehan seksual lebih memilih diam, kamu perlu tahu mengapa saat terjadi pelecehan seksual korban tidak bisa melawan. Bahkan banyak orang yang berpikir jika korban diam saat peristiwa terjadi karenamau dan menikmatinya.

Baca Juga: 6 Motif Batik Pekalongan Wajib Kamu Tahu

Padahal, kondisi yang dialami korban pelecehan seksual, dalam istilah psikologi disebut “tonic immoblity”. Kondisi itu di mana korban diam terpaku dan tidak dapat menggerakkan anggota tubuhnya atau biasa dikenal dengan kelumpuhan sementara.

Nah, berikut beberapa alasan kenapa korban pelecehan seksual memilih diam dihimpun dari berbagai sumber:

Baca Juga: Motor Baru dengan Mesin V-Twin Mirip Harley Davidson Sportster, Segini Harganya?

1. Rasa Trauma Mendalam

Ilustrasi definisi pelecehan seksual, dampak dan bentuknya (Pinterst l nationalinjuryhelp)

Pengalaman mendapatkan pelecehan seksual akan mengakibatkan korban mengalami gangguan secara mental maupun psikis. Rasa trauma teringat peristiwa pelecehan seksual yang dialaminya akan membekas dalam waktu yang lama. 

Bahkan, trauma tersebut dapat bersarang seumur hidup korban. Akibat rasa trauma mendalam tersebut, korban lebih memilih menutup rapat-rapat peristiwa yang ia alami.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini