Ini Penyebab dan Pemicu Intoleransi di Indonesia

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 22:55 WIB
Ilustrasi - penyebab dan pemicu intoleransi

Ilustrasi - penyebab dan pemicu intoleransi

LABVIRAL.COM -  Intoleransi adalah sebuah paham atau pandangan yang mengabaikan seluruh nilai-nilai dalam toleransi yaitu perasaan empati kepada orang atau kelompok lain yang berasal dari kelompok, golongan, atau latar belakang yang berbeda.

Intoleransi agama dan budaya merupakan masalah yang sering dijumpai di Indonesia. Intoleransi agama meliputi dikucilkannya seseorang karena perbedaan agama yang dianut, merusak fasilitas ibadah dengan berbagai cara, termasuk bom bunuh diri.

Sementara intoleransi budaya adalah kondisi di mana sebuah kelompok yang cenderung sekuler dalam mengutamakan paham dan nilai budaya tertentu.

Baca Juga: Honda Monkey X Carnival Hadir dengan 99 Unit Saja, Super Limited Edition ?

Penyebab intoleransi di Indonesia sedikitnya ada tiga faktor, yakni globalisasi, demokrasi didominasi low class, dan perkembangan media sosial.

Globalisasi

Perkembangan situasi global mampu memudarkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan, salah satunya adalah sikap  toleransi. Perang antar negara, konflik antar suku, ras, kepercayaan, dan agama dapat memicu terjadinya intoleransi.

Baca Juga: Syarat-syarat Capres dan Cawapres 2024 Sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu

Demokrasi Didominasi Low Class

Demokrasi yang didominasi low class atau disebut iklim demokrasi yang kurang ideal yang mana demokrasi yang terjadi cenderung didominasi oleh kondisi sosial masyarakat kelas menengah ke bawah.

Kondisi di Indonesia didominasi masyarakat kelas bawah atau low class sehingga masyarakat kelas bawah tersebut digolongkan sebagai masyarakat yang tak beruntung mendapatkan berbagai hal positif. Diantaranya, pendidikan, ekonomi, sosial dan lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini