Kasus-kasus Intoleransi di Indonesia, Paling Heboh Bom Gereja

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:00 WIB
Ilustrasi, bom

Ilustrasi, bom

LABVIRAL.COM - Intoleransi merupakan musuh bersama bagi bangsa di negara yang kaya akan budaya, beragam suku, agama, ras, serta golongan, seperti Indonesia.

Intoleransi adalah sebuah paham atau pandangan yang mengabaikan seluruh nilai-nilai dalam toleransi yaitu perasaan empati kepada orang atau kelompok lain yang berasal dari kelompok, golongan, atau latar belakang yang berbeda.

Intoleransi agama dan budaya merupakan masalah yang sering dijumpai di Indonesia. Intoleransi agama meliputi dikucilkannya seseorang karena perbedaan agama yang dianut, merusak fasilitas ibadah dengan berbagai cara, termasuk bom bunuh diri.

Baca Juga: 3 Warna Baru Honda Monkey 2023, Motor Mungil dengan Harga Selangit

Imparsial mencatat sepanjang 2022, terdapat 25 pelanggaran hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan yang terekam media. Data ini direkam Imparsial dalam periode Januari 2022 sampai November 2022.

Mayoritas kasus adalah kasus perusakan rumah ibadah, dengan total sebanyak 7 kasus. Jumlah itu disusul dengan kasus larangan mendirikan tempat ibadah serta larangan beribadah, yang masing-masing berjumlah 5 kasus.

Selain itu, Imparsial mencatat ada 3 kasus pelanggaran berupa perusakan atribut keagamaan. Sisanya,  adalah kasus-kasus yang dipicu intoleransi, layaknya serangan terhadap keluarga dari agama yang berbeda, penyegelan tempat ibadah, hingga pengucilan di masyarakat.

Baca Juga: Perbedaan Toleransi dan Intoleransi, Lengkap dengan Contoh

Sementara, data SETARA Institute dari Januari 2022 hingga akhir September 2022, sedikitnya 32 kasus gangguan rumah ibadah terjadi di Indonesia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini