Mengenal BNPT dari Visi Hingga Pemimpinnya

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:45 WIB
Potret Pemimpin BNPT, Boy Rafli Amar

Potret Pemimpin BNPT, Boy Rafli Amar

LABVIRAL.COM - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) adalah suatu lembaga pemerintah yang memiliki tugas dalam penanggulangan terorisme. BNPT dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

BNPT sendiri didirikan tahun 2010, dengan keluarnya Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2010 tentang Badan Penanggulangan Terorisme, sehingga bereinkarnasi dari Koordinasi Pemberantasan Terorisme yang dibentuk sebagai reaksi atas peristiwa Bom Bali I tahun 2002 bentukan Presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri kala itu.

Baca Juga: Mengenal Program Deradikalisasi BNPT, Buat Napiter Hijrah ke Jalan yang Benar

Lalu, apa saja visi dan misi dari BNPT ini?

Visi BNPT

Mewujudkan penanggulangan terorisme dan radikalisme melalui upaya sinergi institusi pemerintah dan masyarakat meliputi pencegahan, perlindungan, penindakan dan deradikalisasi serta meningkatkan kewaspadaan nasional dan kerjasama internasional untuk menjamin terpeliharanya keamanan nasional.

Baca Juga: Tips Antisipasi Awal Mobil Alami Overheat, Tenang Aja!

Misi BNPT

Pertama, melakukan upaya pencegahan terjadinya aksi terorisme, meningkatkan kewaspadaan, dan memberikan perlindungan terhadap objek-objek vital yang potensial menjadi target serangan terorisme.

Kedua, melakukan deradikalisasi dan melawan propaganda ideologi radikal.

Ketiga, melakukan penindakan aksi terorisme melalui penggalangan intelijen dan surveillance, dan penegakan hukum melalui koordinasi dan kerjasama dengan institusi terkait, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini