Daftar Kelompok Teroris Disinyalir Masih Aktif di Indonesia

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:36 WIB
Ilustrasi terorisme

Ilustrasi terorisme

LABVIRAL.COM - Badan Nasioal Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2021 mencatat ada enam kelompok radikal terorisme masih aktif di Indonesia.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, keenam kelompok terorisme tersebut yakni, Jamaah Islamiyah (JI), Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Jamaah Ansharut Khilafah (JAK), Jamaah Ansharusy Syariah (JAS), Negara Islam Indonesia (NII), dan Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Lalu, sebenarnya berapa kelompok teroris yang masih aktif hingga kini di Indonesia?

Baca Juga: 7 Teroris yang Menyita Perhatian di Indonesia

Berikut daftar kelompok teroris yang disinyalir masih aktif di Indonesia:

Negara Islam Indonesia (NII)

Jaringan teroris Indonesia dalam sejarahnya pertama kali berkembang di masa pasca kemerdekaan Indonesia 1945. Kelompok Islam yang tak sepakat dengan Pancasila sebagai negara kemudian membentuk organisasi Negara Islam Indonesia (NII/TII) yang dipimpin SM Kartosuwiryo.

Akibat kekecewaan ini, kelompok NII yang dikenal sebagai Darul Islam pun melancarkan serangkaian serangan pemberontakan utamanya di wilayah Jawa Barat. Meskipun Kartosuwiryo telah ditangkap dan dieksekusi pada 1962 silam, namun paham jaringan ini masih tetap hidup dan menyebar hingga saat ini

Saat ini, NII pergerakannya fokus dalam bidang dakwah, penguatan wilayah ekonomi, dan penegakkan syariat Islam. Proses rekrutmen yang dilakukan saat ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: perekrutan awal, pembinaan anggota baru dan pengkaderan anggota NII

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini