7 Teroris yang Menyita Perhatian di Indonesia

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:33 WIB
Potret sesudah terjadinya teror bom di Sarinah, Thamrin.

Potret sesudah terjadinya teror bom di Sarinah, Thamrin.

LABVIRAL.COM - Sejak Bom Bali I 2002, Indonesia menjadi daerah yang rawan terjadi tindak pidana terorisme yang dilakukan oleh berbagai organisasi dan kelompok teroris.

Sejak saat itu pula, aparat keamanan Indonesia melakukan berbagai operasi untuk melumpuhkan jaringan teroris yang ada di Indonesia. Tercatat beberapa gembong teroris tewas terbunuh dan tertangkap dalam operasi yang dilancarkan aparat Indonesia.

Bahkan Presiden Megawati kala itu, membentuk Koordinasi Pemberantasan Terorisme yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang kini menjadi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Baca Juga: Jubah Hitam Bisht Lionel Messi Pernah Ditawar Rp15,5 Miliar

 Lalu, siapa saja teroris di Indonesia yang terkenal dan sempat menyita perhatian publik?  Berikut Labviral.com buat rangkumannya:

Amrozi

Amrozi bin Nurhasyim merupakan teroris yang dinyatakan bersalah dalam Peristiwa Bom Bali 2002. Dia divonis hukuman mati pada Agustus 2003.

Pelaksanaan hukuman mati tertunda beberapa kali, lantaran tim pengacara mengajukan keberatan.

Baca Juga: Wiper Mobil Rusak, Ketahui 4 Tandanya dan Perlu Diganti

Tim pengacara mengajukan Peninjauan Kembali (PK) pada tahun 2008, namun ditolak, dan kembali ditolak ketika tim pengacara mengajukan uji materi putusan Mahkamah Agung terkait hukuman mati ke Mahkamah Konstitusi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini