Sistem Politik Indonesia dari Masa ke Masa

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:47 WIB
Ilustrasi, gedung DPR RI

Ilustrasi, gedung DPR RI

LABVIRAL.COM - Sistem politik bagi setiap bangsa merupakan “urat nadi” yang menjadi saluran darah bagi keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara, sehat dan sejahtera. 

Fungsi sistem politik yang sehat dan sejahtera, tertumpu pada harapan yang besar dari bangsa dan negara untuk mengartikulasi “aliran darah” bagi tumbuh dan berkembangnya berbagai aspek kehidupan negara.

Jika rusak sistem politiknya, roda pemerintahan negara Indonesia tidak akan berjalan lancar. Sebaliknya, jika rohnya baik, roda pemerintahan pun akan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Cara Nyetir Mobil Matic di Turunan Curam, Kuncinya Jangan Panik!

Sistem politik Indonesia merupakan sistem khas atau politik bersifat ke-Indonesia-an yang diwarnai oleh nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, nilai-nilai proklamasi, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikutip dari laman Universitas Darussalam Gontot, sistem politik Indonesia sudah mengalami perubahan ataupun perkembangan yang mana perkembangan tersebut terbagi menjadi dua, yaitu perkembangan sistem politik di Indonesia sebelum Amandemen UUD 1945 dan sesudah Amandemen UUD 1945.

Baca Juga: Mengenal BNPT dari Visi Hingga Pemimpinnya

Perkembangan sistem politik di Indonesia sebelum Amandemen UUD 1945

Sebelum Amandemen UUD 1945, sistem Polititk ini dibagi menjadi tiga periode perkembangan politik di Indonesia, sebagai berikut:

Periode 1945-1959

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini