Kamu Harus Paham Soal Politik Pecah Belah!

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:51 WIB
Ilustrasi politik pecah belah

Ilustrasi politik pecah belah

LABVIRAL.COM - Politik pecah belah atau politik adu domba (Devide et Impera) merupakan strategi dalam menghadapi perlawanan dari penguasa lokal.

Lebih lugas, politik pecah belah adalah kombinasi politik, militer dan ekonomi yang bertujuan bertujuan mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil yang lebih mudah ditaklukkan.

Di sisi lain, politik pecah belah juga berarti mencegah kelompok-kelompok kecil untuk bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat.

Baca Juga: Profil Mahfud MD, Lengkap dengan Fakta Menariknya dari Sekolah Keguruan jadi Hakim MK

Politik pecah belah di wilayah Indonesia pertama kali dipopulerkan Belanda lewat VOC atau disebut juga Vereenigde Oostindische Compagnie.  

Adapun strategi politik pecah belah pertama kali dipopulerkan Julius Caesar dalam upaya membangun Kekaisaran Romawi.

Awalnya, politik pecah belah merupakan strategi perang yang diterapkan oleh bangsa-bangsa kolonialis mulai pada abad 15 (Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris, Prancis).

Baca Juga: Ternyata, Geber Mesin Mobil di Jalan Juga Ada Manfaatnya

Bangsa kolonialis tersebut, melakukan sebuah ekspansi dan penaklukan itu dengan tujuan untuk mencari sumber kekayaan alam pada bangsa lainnya, khususnya yang berada di daerah tropis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini