Profil Mahfud MD, Lengkap dengan Fakta Menariknya dari Sekolah Keguruan jadi Hakim MK

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 23:49 WIB
Mahfud MD

Mahfud MD

LABVIRAL.COM - Mahfud MD bernama panjang Mohammad Mahfud Mahmodin, lahir di Madura pada 13 Mei 1957. Mahfud MD telah melanglang buana dari seorang dosen, jadi hakim Mahkamah Konstitusi, hingga politikus yang sekarang menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Info selengkapnya profil Mahfud MD akan disampaikan di bawah ini.

Riwayat pendidikan

Laki-laki yang kini berusia 65 tahun ini memiliki perjalanan hidup dan karir yang panjang dan beragam. Jalur karir Mahfud MD pada awalnya terlihat akan jadi guru. Hal itu terlihat dari pendidikannya. Dimana setelah lulus SD, Mahfud MD memilih mengenyam Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri selama 4 tahun. Kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru Agama (PHIN) Yogyakarta.

Baca Juga: Sistem Politik Indonesia dari Masa ke Masa

lulus dari  PHIN Yogyakarta, Mahfud MD mulai menekuni hukum di mana ia mendaftar kuliah ke UII Yogyakarta pada jurusan Hukum Tata Negara. Saat kuliah di UII itu, Mahfud MD juga berkuliah di UGM dengan jurusan Sastra Arab. Dua program studi tersebut dirampungkan Mahfud MD pada 1983.

Tak hanya kuliah, Mahfud MD juga tercatat sebagai aktivis mahasiswa. Ia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Bahkan di usia tuanya ia juga pernah menjabat sebagai ketua presidium Korps Alumni HMI.

Baca Juga: Cara Nyetir Mobil Matic di Turunan Curam, Kuncinya Jangan Panik!

Aktivis sejak bangku sekolah

Mahfud MD tak menjadi aktivis saat kuliah saja. Sebelumnya, saat di bangku sekolah ia juga aktif di Perhimpunan Pelajar Islam (PII). Bekalnya di PII tersebut ia lanjutkan sebagai aktivis HMI. Di mana PII memang terkenal sebagai organisasi yang memberikan kader terbaiknya ke HMI.

Jejak aktivisme Mahfud MD tersebut tak mengagetkan jika di masa tuanya ia jadi politikus. Di mana sebelum menjadi hakim MK, Mahfud MD merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Saat di PKB, Mahfud MD pernah melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI.

Baca Juga: Mengenal BNPT dari Visi Hingga Pemimpinnya

Profesi akademik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini