Profil Partai Buruh, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 6

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 02:25 WIB
Perwakilan Partai Buruh saat pengundian nomor urut di kantor KPU Pusat.

Perwakilan Partai Buruh saat pengundian nomor urut di kantor KPU Pusat.

LABVIRAL.COM - Satu dari 17 partai politik nasional di Pemilu 2024 ialah Partai Buruh, yang berada di nomor urut 6. Ideologi Partai Buruh adalah Pancasila dengan berfokus pada sila kedua dan kelima, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Asas partai ini Negara Sejahtera atau Walfare State.

Lambang partai, yakni ada tulisan Partai Buruh berukuran besar dan padi dengan 33 bulir dan 3 rumpun padi. Di bawah gambar padi ada tulisan Negara Sejahtera sebagai tujuannya didirikannya Partai Buruh.

Adapun warna dasar lambang Partai Buruh adalah oranye. Warna itu turut tercermin dalam atribut partai lain, seperti jaket, spanduk, dan aksesoris lainnya.

Baca Juga: Profil Partai Gelora, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 7, Disebut Pecahan PKS

Pada Pemilu 2024, Partai Buruh menargetkan untuk lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold. Presiden Partai Buruh, Said Iqbal meyakini partainya mampu lolos ambang batas parlemen sebesar empat persen di kursi parlemen.

Hal ini mengingat, kata Iqbal, Partai Buruh memiliki pemilih potensial dari anggota serikat buruh yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Profil Anies Baswedan: Cucu Pejuang Kemerdekaan hingga Pencetus Indonesia Mengajar

Sejarah berdirinya Partai Buruh

Partai Buruh pertama kali didirikan pada 28 Agustus 1998, tiga bulan setelah Presiden kedua Republik Indonesia Suharto menyatakan berhenti pada 21 Mei 1998 dalam gelombang demonstrasi menuntut reformasi.

Setelah melalui proses verifikasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Buruh yang dipimpin Muchtar Pakpahan, bisa mengikuti Pemilu 1999. Saat itu nama partai tersebut adalah Partai Buruh Nasional dengan nomor urut 37.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini