Profil Anies Baswedan: Cucu Pejuang Kemerdekaan hingga Pencetus Indonesia Mengajar

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 02:19 WIB
Profil Anies Baswedan keluarga akademisi

Profil Anies Baswedan keluarga akademisi

LABVIRAL.COM - Nama Anies Baswedan sudah jadi nama yang cukup populer di Indonesia. Selain akhir-akhir ini santer disebut akan mencalonkan diri sebagai Presiden, Anies Baswedan sebelumnya juga memiliki banyak track record sebagai tokoh publik. Berikut artikel yang mengulas profil Anies Baswedan.

Dari Gubernur DKI Jakarta, Menteri Pendidikan, hingga menjadi pencetus gerakan Indonesia Mengajar disandangnya. Anies Baswedan sendiri merupakan cucu seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, yaitu Abdurrahman Baswedan. Keluarga besar Anies Baswedan menyandang darah keturunan Arab dari sang kakek. Lalu seperti apakah sepak terjang Anies Baswedan? Simak profil Anies Baswedan selengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: Profil Partai Perindo, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 16, Awalnya Sebuah Ormas

Latar belakang kelahiran

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969. Meskipun lahir di Jawa Barat, Anies lebih banyak tumbuh berkembang di Yogyakarta. Lantaran kedua orang tuanya bekerja di Kota Pelajar sebagai dosen. Semasa menjadi mahasiswa di UGM, Anies Baswedan sudah dikenal sebagai aktivis. 

Baca Juga: Profil PSI! Dari Obrolan 5 Anak Muda, Kini Jadi Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 15

Aktivis mahasiswa

Anies Baswedan bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Bergabungnya Anies di organisasi ekstra kampus tersebut membuka matanya akan kondisi dan masalah Indonesia di bawah rezim Orde Baru, dari sana jiwa sosial dan politik Anies tumbuh.

Kiprah Anies Baswedan saat jadi aktivis mahasiswa terhitung turut melahirkan Senat Mahasiswa UGM yang sebelumnya dibekukan Orde Baru. Saat melahirkan kembali Senat Mahasiswa UGM tersebut Anies sedang menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa.

Baca Juga: Profil Prabowo Subianto: Kehidupan Pribadi, Karir, dan Hobi

Mencetuskan Indonesia mengajar

Nama Anies Baswedan dikenal publik saat meluncurkan gerakan Indonesia Mengajar. Gerakan tersebut bertujuan memberikan akses layanan pendidikan yang lebih merata dan memberikan pengalaman bagi generasi muda untuk turut mengabdi pada bangsa dengan menyumbang tenaga, kemampuan, dan waktunya untuk tinggal di pedalaman Indonesia dan mengajar anak-anak di sana.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini