5 Perbuatan Manusia yang Disukai Setan, Jangan Disepelekan Guys!

Hadi Mulyono
Minggu 26 Maret 2023, 14:03 WIB
Perbuatan yang disukai setan. (Sumber : freepik.com/ijeab)

Perbuatan yang disukai setan. (Sumber : freepik.com/ijeab)

LABVIRAL.COM - Setiap anak cucu Adam pasti pernah mengalami godaan setan sehingga terjerumus ke dalam berbagai perbuatan dosa.

Hal ini lumrah lantaran setan memang telah diberi kesempatan oleh Allah untuk menggoda manusia hingga hari akhir tiba.

Berkaitan dengan itu, ternyata ada lho perbuatan manusia yang sangat disukai oleh setan. Penasaran apa saja? Simak penjelasan Labviral.com berikut ini sampai habis ya!

Baca Juga: 5 Keutamaan Ayat Kursi yang Ampuh untuk Mengusir Setan

1. Makan dan minum dengan tangan kiri

Walaupun terkesan sepele, namun adab yang satu ini pernah dijelaskan oleh Rasulullah saw salam sebuah hadis.

Nabi Muhammad saw bersabda, "Apabila seseorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanan dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim).

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Tidur agar Tidak Diganggu Setan, Arab, Latin dan Terjemahan

2. Keluar-masuk kamar mandi tanpa adab

Menurut para ulama, salah satu tempat bersarangnya setan adalah di kamar mandi tak terkecuali toilet. Maka dari itu tak heran apabila setiap muslim dianjurkan membaca doa masuk kamar mandi dan memperhatikan adab-adabnya.

Dari Anas bin Malik rai a berkata bahwa Rasulullah saw ketika memasuki toilet, beliau mengucapkan ‘Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits’ (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Hukum Salat Tarawih tanpa Doa Iftitah, Apakah Tetap Sah?

3. Mulut terbka lebar saat menguap

Buat kamu yang terbiasa menguap misalnya saat ngantuk, mulai sekarang berlatihlah untuk menghindarinya. Sebab menguap tanpa menutup mulut ternyata menjadi salah satu kebiasaan yang disukai setan.

Rasulullah saw bersabda, “Jika seseorang menguap dalam sholatnya, hendaknya ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena setan bisa masuk." (HR. Muslim).

Baca Juga: Ditanya Soal Restu, Ibunda Indah Sebut Arie Gunakan Bantuan Jin dan Setan

4. Suami istri yang bercerai

Setan dikenal sangat benci jikalau ada seorang muslim resmi menjalin hubungan dengan ikatan pernikahan yang sah. Oleh karena itu, setan berusaha mengganggu keharmonisan suatu rumah tangga agar pasangan suami istri segera bercerai.

Dari Jabir ra dia berkata bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, “Sesungguhnya iblis meletakkan singgasananya di atas air (laut) kemudian ia mengutus bala tentaranya. Maka yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya. Datanglah salah seorang dari bala tentaranya dan berkata, “Aku telah melakukan begini dan begitu”. Iblis berkata, “Engkau sama sekali tidak melakukan sesuatu pun”. Kemudian datang yang lain lagi dan berkata, “Aku tidak meninggalkannya (untuk digoda) hingga aku berhasil memisahkan antara dia dan istrinya. Maka Iblis pun mendekatinya dan berkata, “Sungguh hebat (setan) seperti engkau” (HR. Muslim).

Baca Juga: Lirik Lagu Maher Zain - Baraka Allahu Lakuma, Yang Membuat Kita Semangat Beribadah

5. Menjadi orang munafik

Perbuatan yang sangat disukai setan adalah ketika seseorang menjadi munafik. Hal ini sebagaimana ditegaskan Allah Swt dalam salah satu ayat di dalam Al-Qur’an yang artinya:

“(Bujukan orang-orang munafik itu) seperti (bujukan) setan ketika ia berkata kepada manusia, "Kafirlah kamu!" Kemudian ketika manusia itu menjadi kafir ia berkata, "Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS Al-Hasyr ayat 16).

Baca Juga: Hukum Mencatat Amal Ibadah Sendiri Padahal Sudah Dicatat Malaikat

Itu dia beberapa perbuatan manusia yang sangat disukai setan, semoga kita bisa menjauhinya. InsyaAllah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini