Bacaan Doa Qunut Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Hadi Mulyono
Senin 13 Maret 2023, 09:32 WIB
Ilustrasi doa Qunut sholat Subuh. (Sumber : unsplash.com/Bimbingan Islam)

Ilustrasi doa Qunut sholat Subuh. (Sumber : unsplash.com/Bimbingan Islam)

LABVIRAL.COM - Saat menunaikan Sholat Subuh, kita disunahkan untuk membaca doa Qunut pada rakaat kedua.

Sebagai amalan yang hukumnya sunnah, jika kita meninggalkannya entah karena lupa, tentu tidak menjadi dosa namun jika mengerjakan maka otomatis mendapat pahala. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana lafal doa Qunut lengkap mulai dari versi Arab, latin dan terjemahan. So, simak penjelasannya sampai bawah ya!

Baca Juga: Serba-serbi Soal Brotherhood dalam Komunitas Bikers

Bacaan Doa Qunut

Dalil disunahkannya membaca soa Qunut saat Sholat Subuh didasarkan pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Dari Muhammad bin Sirin ia berkata,“Aku bertanya kepada Anas bin Malik, ‘Apakah Rasulullah saw membaca Qunut dalam sholat Subuh?’ Beliau menjawab, ‘Ya, setelah rukuk sebentar.” (HR Muslim nomor 1578).

Lafal doa Qunut yang bisa dihafalkan adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Ceritakan Kesedihan Bertemu Mantan Terindah, Begini Lirik Lagu Adele Someone Like You

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdiniy fiman hadait wa afini fiman afait wa tawallaniy fiman tawallait wa baarikli fimaa a’thait waqiniy syarra maa qadhait fa-innaka taqdhiy wala yuqdha alaika wa innahu laa yadzillu man waalait wa la ya’izzu man aadait tabaarakta Rabbana wata’alait falakal-hamdu ‘ala maa qadhait wa astaghfiruka wa atubu ilaik.

Wa shallallahu ala sayyidina Muhammadin An-Nabiyyil-ummiyi wa ala alihi wa shahbihi wa sallam.”

Baca Juga: Daftar Harga “Mobil Rakyat” Volkswagen, Punya Minimal 300 Juta Ya!

Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhanku dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.

(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera untuk junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Doa tersebut dibaca ketika seseorang sedang melaksanakan Sholat Subuh sendirian.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Ada Apa Dengan Cinta', OST Film AADC yang Pernah Sukses Bikin Baper Anak SMA

Akan tetapi saat berjamaah dan menjadi imam, maka ada sedikit perubahan pada bagian kata ganti dari “aku” menjadi “kami.”

Misalnya saat membaca kalimat Allahummahdiniy maka bisa diganti menjadi Allahummahdinaa, dan seterusnya.

Seperti itulah bacaan doa Qunut lengkap mulai dari versi Arab, latin hingga terjemahan Bahasa Indonesia. Yuk kita amalkan! 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini