8 Golongan Penerima Zakat, Fakir, Miskin hingga Para Mualaf

Hadi Mulyono
Senin 03 April 2023, 15:22 WIB
Golongan penerima zakat. (Sumber : freepik.com/jcomp)

Golongan penerima zakat. (Sumber : freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Terdapat beberapa golongan penerima zakat yang harus diketahui oleh setiap muslim berdasarkan firman Allah Surah At-Taubah ayat 60.

إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَآءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Innamaṣ-ṣadaqātu lil-fuqarā`i wal-masākīni wal-'āmilīna 'alaihā wal-mu`allafati qulụbuhum wa fir-riqābi wal-gārimīna wa fī sabīlillāhi wabnis-sabīl, farīḍatam minallāh, wallāhu 'alīmun ḥakīm.

Baca Juga: Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah, Catat dan Jangan Sampai Terlewat Ya!

Artinya: "Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah ayat 60).

Lebih detailnya tentang siapa saja orang yang berhak menerima zakat fitrah akan dijelaskan di bawah ini sebagaimana disadur dari laman resmi Baznas pada Senin, 3 April 2023.

Baca Juga: Cara Membayar Zakat Lewat GoPay, Praktis dan Tetap Amanah

1. Fakir

Golongan penerima zakat yang pertama adalah orang-orang fakir. Mereka merupakan orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan harta benda sehingga sangat sulit untuk mencukupi kebutuhan pokoknya.

2. Miskin

Kemudian ada golongan orang-orang miskin yang juga berhak menerima zakat. Mereka mempunyai pekerjaan tetapi hartanya terlampau sedikit sehingga hanya cukup untuk makan sehari-hari saja.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Yuk Simak Penjelaan tentang Ketentuan Zakat Maal di Sini

3. Amil

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini